DAMPAK PENERAPAN ICT PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Munirah Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo
    (ID)
  • Nurain Tuli SDN 5 Limboto, Gorontalo
    (ID)
  • Muh Arif IAIN Sultan Amai Gorontalo
    (ID)

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap tentang dampak penerapan ICT pada pembelajaran IPS terhadap minat belajar peserta didik di SDN 2 Tabongo Gorontalo dan hambatan dalam Penerapan ICT pada Pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN SDN 2 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan pengamatan. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan ICT pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial telah mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Tingkat capaian persentase partisipasi siswa khusus mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada tahun berjalan berkisar antara 80% sampai dengan 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ICT sangat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dan wawasannya terhadap materi yang diajarkan meningkat.

Abstract

This article aimed to determine the impact of ICT implementation on learning IPS toward the students’ learning interest  at SDN 2 Tabongo Gorontalo and to find the obstacles in implementing ICT on learning IPS. The research used was qualitative method with descriptive approach. The subjects were the students of SDN 2 Tabongo subdistrict Tabongo District Gorontalo. The findings showed that the implementation of ICT on IPS learning was able to increase the students’ learning interest. The achievement rate of the percentage of the students ' participation was 80% to 90%. This result indicted that the implementation of ICT was very helpful for the students to increase their understanding of the material being taught.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S., Mobonggi, A., Solong, N. P., & Arif, M. (2019). Implikasi Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Kelompok Mata Pelajaran Agama. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(1), 172–193. https://doi.org/doi.org/10.30603/jiaj.v4i1.761

Arif, F. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Arifin, I. (1996). Penelitian Kualitatif. Bandung: Kalimasahada Press.

Hermanto, Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Membentuk Karakter Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1–6. https://doi.org/doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019

Khodijah, S., & Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Sosial Siswa di MAN 2. Jurnal Edueksos, 7(2), 161–176. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i2.3370

Mahdum, Hadriana, & Safriyanti, M. (2019). Exploring Teacher Perceptions and Motivations to ICT use in Learning Activities in Indonesia. In Journal of Information Technology Education: Research (Vol. 18, pp. 293–317). https://doi.org/doi.org/10.28945/4366

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2015). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia pendidikan di Indonesia, 1–13. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/Artikel_TIK/Dampak_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Pendidikan.pdf

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Call for Paper & Pengabdian Masyarakat, 1(1), 401–414. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/download/1689/1434

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. https://doi.org/dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742

Setyorini, R. (2015). Pemanfaatan Internet sebagai Implementasi ICT dan Sarana Memotivasi Belajar Sastra di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 89–101). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9053/6727

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-12-17
How to Cite
Munirah, M., Tuli, N., & Arif, M. (2019). DAMPAK PENERAPAN ICT PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 156-163. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a6.2019
Section
Vol. 6 No. 2
Abstract viewed = 1026 times