ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS IV

  • Fuaddilah Ali Sofyan UIN RADEN FATAH PALEMBANG
    (ID)
  • Putri Krisna UIN RADEN FATAH PALEMBANG
    (ID)
  • Mardiah Astuti UIN RADEN FATAH PALEMBANG
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan siswa dalam belajar mata pelajaran matematika terhadap penyelesaian soal yang membutuhkan kemampuan berfikir tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV MIN 2 Palembang. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi, kemudian disajikan, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa bentuk kesulitan belajar siswa yaitu siswa mengalami kesulitan memahami simbol (pengetahuan faktual), kurang memahami cara mengerjakan operasi penjumlahan bilangan bulat (pengetahuan prosedural), dan kurangnya ketelitian pada soal-soal HOTS mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan bilangan bulat. Faktor-faktor penyebab siswa kesulitan belajar dalam penyelesaian soal HOTS yaitu kurangnya ketelitian dalam mengerjakan soal HOTS, kurangnya kemampuan/kompetensi awal siswa pada mata pelajaran matematika, proses pembelajaran yang dialami kurang/belum maksimal, dan siswa kurang memahami soal HOTS.

Abstract

The purpose of this research was to analyze the students' difficulties in learning mathematics to solve question problems that require high-level thinking abilities (HOTS). The research type used in this study was descriptive qualitative. The data were collected through interviews, observation, and documentation. The informants of this research were the teacher and the students of the fifth grade at MIN 2 Palembang. The qualitaive data were analyzed through reduction, presentation, and conclusion. The result indicated that the students' learning difficulties were having difficulties of understanding symbols (factual knowledge), lack of understanding of integer operations (procedural knowledge), and lack of accuracy in high order thinking problems especially integer operations of mathematics. The factors causing students learning difficulties in completing HOTS questions were lack of thoroughness in the HOTS question process, lack of students' initial abilities in mathematics, lack of learning experiences, and lack of understanding HOTS questions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A., & Supriono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, S. (2013). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Soal Kognitif Berorientasi pada Revisi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Fisika. EduSains, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.23971/eds.v1i2.13

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Purniati, T. (2012). Matematika Dual Modes S-1 bagi Guru MI dan PAI. Jakarta: Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (25th ed.). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Syamsuddin, A. (2020). Describing Taxonomy of Reflective Thinking for Field Dependent-Prospective Mathematics Teacher in Solving Mathematics Problem. International Journal of Science & Technology Research, 9(3), 4418–4421. Retrieved from http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0320-32438

Tanjungsari, R. S., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(1), 52–57. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.261

Utomo, D. P. (2010). Pengetahuan Konseptual dan Prosedural dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan pendidikan Matematika 2010 (pp. 21–31). Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/31598651/ Minds-on__hands-on__dan_virtual_hands-on_dalam_pembelajaran_matematika .pdf?1374309465=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DMi nds-on_hands-on_dan_virtual_hands-on_d.pdf&Expires=1593249396&Signatur e=T2~HlbQ~J-Y2L2ehUDjYs7KVjEGu4ON~5Oow6DBfv2zU2nqOJ0Klyd43T 2Y6q5ztFzjOebM8vki-NrIGQszDbf04KxkPm~uFVtlQ8230gssvYBIKVUrzTy WZ6f8vymNtUNv-YpCm1rdgKjqyjn-H7t2FYRcHtBzXA4F5tjFSCjTYymah4 ~Y0ig6JiM6tZwd5LeEEJQKgOJ2R6mRSMWuCDBljpmg74wIpu9bDYPdeGt1b0dSZ9PkJqALTAuivsjhWkmyWAPdnLyfLu9R9dg5Pu9N7Pj50rzYxganIJIr725hHWKiAjviU2lOQZySdZ4ngg6wpDIBcSgBZ5AvfJ8V~Dg__&Key-Pair-Id= APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA#page=33

Van De Walle, J. A. (1990). Elementary School Mathematic: Teaching Developmentally. New York: Longman.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5069

Yuliardi, R. (2017). Analisis terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Aspek Psikologi Kognitif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 23–30. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/ index.php/jumlahku/article/view/351

Yurniwati, & Soleh, D. A. (2020). The Effectiveness of Computer-Based Problem Solving to Improve Higher Order Thinking Skill on Prospective Teacher. International Journal of Instruction, 13(2), 393–406. https://doi.org/10.29333/ iji.2020.13227a

Published
2020-06-29
How to Cite
Sofyan, F. A., Krisna, P., & Astuti, M. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS IV. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 90-97. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a9.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 9837 times