PERANAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi
    (ID)
  • Melisa Putri universitas jambi
    (ID)
  • Novi Audria universitas jambi
    (ID)
  • Rita Puspitasari universitas jambi
    (ID)
  • Sari Fatul Mutmainah universitas jambi
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peranan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius dan nasionalisme siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes seperti rekaman, catatan, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, meringkas data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius dan nasionalisme di sekolah dasar adalah menerapkan karakter dengan membiasakan siswa mengucap salam, berdoa, membaca surah yasin, menjalankan ibadah, selalu bersyukur, tidak menyontek ketika ujian atau ulangan, mengumpulkan tugas tepat waktu, bersikap tiga S (senyum, sapa, dan salam) menerapkan karakter sikap toleransi, tanggung jawab, kerja keras, sopan santun, sikap gotong royong, dan peduli sosial, serta kedisiplinan.

Abstract

The purpose of this research was to illustrate the role of Islamic learning in instilling the values of religious and nationalist characters of elementary students. The method used was descriptive qualitative. The data sources in this study were the teachers and the students of SD Negeri 111/1 Muara Bulian. The instruments used were observation sheet, interview, and documentation. Data collection procedure used was nontest technique such as recording, note, and observation. Data analysis technique used was qualitative approach which consisted of collecting, summarizing, presenting, and concluding the data. The results showed that Islamic education learnings in instilling the values of religious and nationalist characters in elementary school were to apply habits in saying hello, praying, reading surah yasin, worshipping, be grateful, no cheating in doing examination or test, collecting assignments on time, behaving in three S (smile, greet and regard) and to apply the character of tolerance, responsibility, hard work, courtesy, mutual cooperation, social care and discipline

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, M. I. (2018). The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia: Multi Site Studies. DINAMIKA ILMU, 18(2), 305–321. https://doi. org/dx.doi.org/10.21093/di.v18i2.1289

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38. Retrieved from https://media.neliti.com/media/ publications/195611-ID-pembentukan-karakter-melalui-pendidikan.pdf

Amini, Syamsuyurnita, & Hasnidar. (2017). The Development of Character Education Model Trough an Integrated Curriculum at Elementary Education Level in Medan City. IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies, 1(2), 298–311. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/ index.php/ijlres/article/download/1167/953

Azra, A., & Thaha, I. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kerja sama UIN Jakarta Press dan Kencana.

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. Retrieved from https://www.online-journal. unja.ac.id/gentala/article/view/7097

Lailatus, S. (2012). Peranan Guru Sejarah dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Majid, A., & Handayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Prspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muzakkir. (2016). Peranan Nilai-Nilai Dasar Keagamaan terhadap Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 2 Kota Parepare (Studi Implementatif dengan Pendekatan Psikologi Pendidikan). AL-ISHLAH, 14(2), 178–199. Retrieved from http://ejurnal.stainparepare.ac.id/index.php/alislah/article/download/396/305/

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nugroho, A., & Wijayanti, M. P. (2016). Peran Pendidikan Karakter dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinnekaan. In Prosiding Seminas Nasional Psikologi Indigenous Indonesia 2016 “Kebhinekaan dan Masa Depan Indonesia: Peran Ilmu Sosial dalam Masyarakat” (pp. 398–411). Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel _310120445800.pdf

Tanis, H. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. HUMANIORA, 4(2), 1212–1219. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/166939-ID-pentingnya-pendidikan-character-building.pdf

Published
2019-12-23
How to Cite
Hariandi, A., Putri, M., Audria, N., Puspitasari, R., & Mutmainah, S. F. (2019). PERANAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 196-204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019
Section
Vol. 6 No. 2
Abstract viewed = 790 times