ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA

  • Yuliananingsih Yuliananingsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Mohamad Agung Rokhimawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains dasar pada buku tematik kelas V tema panas dan perpindahannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan buku yang dianalisis yaitu buku tematik siswa kelas V tema panas dan perpindahannya karya Diana Karitas dan Fransiska terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumpulan dan peninjauan indikator referensi untuk keterampilan proses sains yang kemudian dihubungkan dengan materi sains di buku siswa tema panas dan perpindahannya. Peneliti menganalisis data yang terkait dengan penggunaan induktif dan deduktif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) setiap sub-tema telah merujuk pada pendekatan pembelajaran keterampilan proses sains, dan (2) setiap sub-tema adalah keterampilan proses sains dasar, yaitu observasi, komunikasi, inferensi, pengelompokkan, dan penalaran.

Abstract

This research aimed to analyze the basic science process skill on a thematic book especially the theme of heat and its movement. The method used was the library research to analyze a thematic book especially the heat and its movement theme for the fifth grade students which was written by Diana Karitas and Fransiska and published by the Ministry of Education and Culture. The collection and review of reference indicators for science process skill were then linked to science material of the students' thematic book especially the heat and its movement. The researchers analyzed the related data to the inductive and deductive use. The findings indicated that: (1) each sub-theme had referred to the approach of learning science process skill, and (2) each sub-theme was the basic science process skill namely observation, communication, reference, grouping, and reasoning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohamad Agung Rokhimawan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

References

Adisendjaja, H. Y., & Romlah, O. (2017). Analisis Buku Ajar Sains Bedarkan Literasi Ilmu sebagai Dasar untuk Memilih Buku Ajar Sains (Biologi). In Seminal Nasional Pendidikan Biologi di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI (pp. 1–8). Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._ BIOLOGI/195512191980021-YUSUF_HILMI_ADISENDJAJA/ANALISIS_B UKU_AJAR_SAINS_BERDASARKAN_LITERASI_ILMIAH_SEBAGAI_DASAR_UNTUK_MEMILIH_BUKU_AJAR_SAINS.pdf

Andersson-Bakken, E., Jegstad, K. M., & Bakken, J. (2020). Textbook Tasks in the Norwegian School Subject Natural Sciences: What Views of Science Do They Mediate? International Journal of Science Education, 1–19. https://doi.org/ 10.1080/09500693.2020.1756516

Bonawati, E. (2007). Buku Teks Pembelajaran Geografi di Kota Semarang. Jurnal Geogafi FIS UNNES, 4(2), 147–158. https://doi.org/10.15294/jg.v4i2.106

Desstya, A. (2015). Keterampilan Proses Sains dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Telaah Buku Siswa Kelas IV SD Tema 2 Karya Sumini). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 95–102. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/ article/view/1644/1170

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 145–152. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Faradila, S. N. (2019). Menilik Kualitas Pendidikan Indonesia Menurut PISA 3 Periode Terakhir. Retrieved from https://kumparan.com/kumparansains/menilik-kualitas-pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir-1sO0SlXNroC/full

Hasrawati. (2016). Perangkat Pembelajaran Tematik di Sd. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 37–49. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i1a5. 2016

Lepiyanto, A. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156–161. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Martatik. (2018). Analisis Buku Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Kelas I. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 104–121. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.50

Nugroho, I., & Imron. (2019). Implementasi Model Based Learning (PBL) pada Keterampilan Proses dan Karakter Islami Peserta didik dalam Pembelajaran Sains di MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a3.2019

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rahayu, A. H., & Anggreani, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 22–33. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/8847

Sholehhudin, M., Suyitno, & Wardhani, N. E. (2020). Evaluating the Use of Multicultural-Based Short Story Appreciation Textbook to Teach Prose-Fiction Appreciation Course. International Journal of Instruction, 13(1), 831–844. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1239285.pdf

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra, 2(1), 111–123. https://doi.org/10.26740/parama.v2i1.1502

Wati, W., & Novianti. (2016). Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 131–140. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.113

Yusefni, W., & Sriyati, S. (2016). Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Pendekatan Science Writing Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Tulisan Siswa SMP. EDUSAINS, 8(1), 9–17. https://doi.org/ 10.15408/es.v8i1.1562

Published
2020-06-25
How to Cite
Yuliananingsih, Y., & Rokhimawan, M. A. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 81-89. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a8.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 887 times