PROFESIONALISME GURU MENANAMKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI IPA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO

  • Niswatun Hasanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Verliyanti Verliyanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mohamad Agung Rokhimawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui professionalisme guru dalam menanamkan keterampilan proses sains di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diuji keabsahan dan validitasnya. Jenis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) desain perencanaan pembelajaran guru sudah memuat keterampilan proses sains dan (2) implementasi pembelajaran di kelas telah menanamkan keterampilan proses sains pada aspek observasi, klasifikasi, pengukuran, inferensi, prediksi, dan komunikasi. Unsur keterampilan proses sains yang dominan muncul dalam proses pembelajaran di kelas yaitu mengobservasi, mengkomunikasikan, dan mengklasifikasikan.

Abstract

This study aimed to find out the teachers’ professionalism in instilling science process skill in MI Ma'arif Bego. This research used qualitative method. The data obtained through observation, interview, and documentation that had been tested the validity. The data analysis used was Miles and Huberman model i.e data reduction, presentation, and conclusion. The findings in this study indicated that (1) the design of the teachers’ learning plan has included science process skill and (2) learning implementation in the class has instilled science process skill to the observation, classification, measurement, inference, prediction, and communication aspects. The dominant elements of science process skill in classroom learning were observing, communicating, and classifying.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohamad Agung Rokhimawan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
PGMI UIN SUKA

References

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. TA’ALLUM, 4(1), 123–148. https://doi.org/ 10.21274/taalum.2016.4.1.123-148

Creswell J. W. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Hamadi, A. A. L. (2018). Pemahaman Guru terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA SMP di Salatiga. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 42–53. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2. 935

Hasanah, A., & Utami, L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2), 56–64. https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.56-64

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 4(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101

Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach with Guided Experiment pada Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.23917/ ppd.v1i1.3623

Putra, W. G., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6), 1–11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9423

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of Science Process Skills in A Science Classroom. Asian Social Science, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47

Riduwan. (2014). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4464

Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. NIZHAMIYAH, 6(1), 65–75. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30821/niz.v6i1.29

Widayanti, E. Y. (2016). Penguasaan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Studi pada Madrasah Mitra STAIN Ponorogo). Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 9(1), 171–198. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v9i1.465

Published
2020-06-22
How to Cite
Hasanah, N., Verliyanti, V., & Rokhimawan, M. A. (2020). PROFESIONALISME GURU MENANAMKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI IPA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a1.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 484 times