MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BUNAYYA PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Abstract
Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan materi ajar wajib setiap jenjang pendidikan bagi peserta didik maupun mahasiswa. Kendati dikenal sebagai materi klasik dan pelajaran tertua, PAI akan tetap menarik bila dikelola dengan konsep manajemen yang baik, seperti yang dipadukan oleh lembaga pendidikan Islam terpadu, termasuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya Kabupaten Tapanuli Tengah. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa manajemen (perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan, dan evaluasi) pembelajaran PAI dan pengembangannya di lingkungan SDIT Bunayya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pembelajaran PAI di SDIT Bunayya terlaksana dengan baik, hal ini ditandai dengan keterpaduan pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan pembelajaran, dan evaluasi dan (2) pengembangan manajemen pembelajaran PAI ditandai dengan salat berjamaah di sekolah, pembinaan cara berwudu, pembinaan akhlak peserta didik, dan pembiasaan interaksi peserta didik dengan Al-Qur’an.
Abstract
Islamic education learning (PAI) is a “mandatory” teaching material for every level of education. Although known as “classic” and “oldest learning” material, PAI will be interesting if it is managed with a good management concept such as the integration held by Islamic educational institutions, including the Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Bunayya, Central Tapanuli Regency. This article aims to analyze the management, (planning, organizing, instruction actuating, and evaluation) of PAI learning and its development in SDIT Bunayya. This study used a qualitative approach through observation, interview, and document studies. The results of this study indicated that (1) the management of PAI learning at SDIT Bunayya was well implemented which was indicated by the learning integration starting from planning, organizing, instructional learning, and evaluation; and (2) the development of PAI learning management was indicated by praying together at school, coaching ablution, building moral character, and getting familiar with Al-Qur’an.
Downloads
References
Afandi, M. (2016). Character Education Investment in SD/MI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 14–25. Retrieved from http://e-journal. metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/character-education-investme nt-in-sd-mi
Afiyah, A., Pratama, M. M., & Nurhasanah, R. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam melalui Media Gambar pada Kelompok B di RA Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303
Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okianna. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/ 24076
Amanaturrakhmah, I., Kardoyo, & Rifai RC, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6(2), 159–165. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jpe/article/view/17570/8819
Assingkily, M. S. (2020). Living Qur’an dan Hadis di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta: Studi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas 1-3. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Cinantya, C., Suriansyah, A., Asniwati, & Aslamiah. (2019). The Strategy of Religious-Based Character Education in Early Childhood Education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 174–189. Retrieved from https://
www.ijicc.net/images/vol5iss5/5513_Cinantya_2019_E_R.pdf
Danarwati, Y. S. (2013). Manajemen Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 1–18. Retrieved from http:// www.stia-asmisolo.ac.id/jurnal/index.php/jmbb/article/view/21
Haq, N., & Mursalim, S. (2016). Penerapan Tarbiyah Islamiyah dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling (Jurnal Tomalebbi), 3(1), 63–68. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hidayat, Y. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris terhadap Manajemen Pembelajaran dalam Mewujudkan Kinerja Guru. Jurnal Publik, 11(2), 279–290. Retrieved from http://journal.uniga.ac.id/ index.php/JPB/article/view/227
Ishak, R., Ghani, M. F. A., & Siraj, S. (2014). Amalan Kepimpinan Organisasi Pembelajaran di Sekolah Berprestasi Tinggi Malaysia. Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 1(2), 1–12. Retrieved from https://sare.um.edu.my/index.php/ JUPIDI/article/view/8290
Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. Retrieved from http:// journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/889
Jusoh, N. F. A. B., & Chowdhury, M. H. (2017). Congregational Prayer as A Solution of Immoral Issues Among Muslim Teenagers in Malaysia: A Study from Sunnah Perspective. In 2ND INHAD International Muzakarah & Mu’tamar on Hadith 2017 (pp. 1–10). Retrieved from http://conference.kuis.edu.my/imam 2017/eproceeding/2009-imam-2017.pdf
Khoirunisa, A., & Hidayat, N. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 195–209. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.28
Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Manajemen Pembelajaran terhadap Penjaminan Mutu pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 209–226. https://doi.org/10.30653/001.201712.15
Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48. https://doi.org/10.24246/ j.sw.2016.v32.i1.p41-48
Listyani, E. (2012). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nasima Semarang. Educational Management, 1(1), 46–53. Retrieved from https:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/63/54
Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 208–214. Retrieved from http: //journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532
Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59–71. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p59-71
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar. IQRA’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1), 1–14. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/123
Prambayun, A., Suyanto, M., & Sunyoto, A. (2016). Model Gamifikasi untuk Sistem Manajemen Pembelajaran. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/ view/1276
Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 357–366. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/ volume-24-no.-55-14.pdf
Rosalina, T. (2012). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5), 434–438. Retrieved from http://www.academia.edu/download/55740037/Jurnal-Manajemen-Pendidi kan-Volume-23-no.-5.pdf#page=43
Saifudin, M. F. (2015). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UMS (pp. 180–185). Retrieved from https://publikasiilmiah. ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6068
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https:// doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sulisworo, D. (2014). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. IJCETS, Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(2), 56–63. https://doi.org/ 10.15294/ijcets.v2i2.3804
Syafaruddin. (2017). Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam (3rd ed.). Medan: Perdana Publishing.
Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Syafaruddin, Mesiono, Wijaya, C., & Mahidin. (2019). Administrasi Pendidikan. (S. F. Marpaung, Agus, & A. Suyanto, Eds.) (5th ed.). Medan: Perdana Publishing.
Terry, G. R. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliani, Damopolii, M., & Usman. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–155. https:// doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019
Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20. Retrieved from http://jurnal.untan. ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082
Copyright (c) 2020 Amrilsyah Butar-Butar, Syafaruddin Syafaruddin, Mesiono Mesiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.