MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BUNAYYA PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Syafaruddin Syafaruddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID) http://orcid.org/0000-0001-9797-8870
  • Mesiono Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID)
  • Amrilsyah Butar-Butar Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
    (ID)
  • Muhammad Shaleh Assingkily State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-1071-9003

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan materi ajar wajib setiap jenjang pendidikan bagi peserta didik maupun mahasiswa. Kendati dikenal sebagai materi klasik dan pelajaran tertua, PAI akan tetap menarik bila dikelola dengan konsep manajemen yang baik, seperti yang dipadukan oleh lembaga pendidikan Islam terpadu, termasuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya Kabupaten Tapanuli Tengah. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa manajemen (perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan, dan evaluasi) pembelajaran PAI dan pengembangannya di lingkungan SDIT Bunayya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pembelajaran PAI di SDIT Bunayya terlaksana dengan baik, hal ini ditandai dengan keterpaduan pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan pembelajaran, dan evaluasi dan (2) pengembangan manajemen pembelajaran PAI ditandai dengan salat berjamaah di sekolah, pembinaan cara berwudu, pembinaan akhlak peserta didik, dan pembiasaan interaksi peserta didik dengan Al-Qur’an.

Abstract

Islamic education learning (PAI) is a “mandatory” teaching material for every level of education. Although known as “classic” and “oldest learning” material, PAI will be interesting if it is managed with a good management concept such as the integration held by Islamic educational institutions, including the Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Bunayya, Central Tapanuli Regency. This article aims to analyze the management, (planning, organizing, instruction actuating, and evaluation) of PAI learning and its development in SDIT Bunayya. This study used a qualitative approach through observation, interview, and document studies. The results of this study indicated that (1) the management of PAI learning at SDIT Bunayya was well implemented which was indicated by the learning integration starting from planning, organizing, instructional learning, and evaluation; and (2) the development of PAI learning management was indicated by praying together at school, coaching ablution, building moral character, and getting familiar with Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2016). Character Education Investment in SD/MI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 14–25. Retrieved from http://e-journal. metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/character-education-investme nt-in-sd-mi

Afiyah, A., Pratama, M. M., & Nurhasanah, R. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam melalui Media Gambar pada Kelompok B di RA Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303

Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okianna. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/ 24076

Amanaturrakhmah, I., Kardoyo, & Rifai RC, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6(2), 159–165. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jpe/article/view/17570/8819

Assingkily, M. S. (2020). Living Qur’an dan Hadis di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta: Studi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas 1-3. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Cinantya, C., Suriansyah, A., Asniwati, & Aslamiah. (2019). The Strategy of Religious-Based Character Education in Early Childhood Education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 174–189. Retrieved from https://

www.ijicc.net/images/vol5iss5/5513_Cinantya_2019_E_R.pdf

Danarwati, Y. S. (2013). Manajemen Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 1–18. Retrieved from http:// www.stia-asmisolo.ac.id/jurnal/index.php/jmbb/article/view/21

Haq, N., & Mursalim, S. (2016). Penerapan Tarbiyah Islamiyah dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling (Jurnal Tomalebbi), 3(1), 63–68. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hidayat, Y. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris terhadap Manajemen Pembelajaran dalam Mewujudkan Kinerja Guru. Jurnal Publik, 11(2), 279–290. Retrieved from http://journal.uniga.ac.id/ index.php/JPB/article/view/227

Ishak, R., Ghani, M. F. A., & Siraj, S. (2014). Amalan Kepimpinan Organisasi Pembelajaran di Sekolah Berprestasi Tinggi Malaysia. Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 1(2), 1–12. Retrieved from https://sare.um.edu.my/index.php/ JUPIDI/article/view/8290

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. Retrieved from http:// journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/889

Jusoh, N. F. A. B., & Chowdhury, M. H. (2017). Congregational Prayer as A Solution of Immoral Issues Among Muslim Teenagers in Malaysia: A Study from Sunnah Perspective. In 2ND INHAD International Muzakarah & Mu’tamar on Hadith 2017 (pp. 1–10). Retrieved from http://conference.kuis.edu.my/imam 2017/eproceeding/2009-imam-2017.pdf

Khoirunisa, A., & Hidayat, N. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 195–209. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.28

Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Manajemen Pembelajaran terhadap Penjaminan Mutu pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 209–226. https://doi.org/10.30653/001.201712.15

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48. https://doi.org/10.24246/ j.sw.2016.v32.i1.p41-48

Listyani, E. (2012). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nasima Semarang. Educational Management, 1(1), 46–53. Retrieved from https:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/63/54

Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 208–214. Retrieved from http: //journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532

Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59–71. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p59-71

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar. IQRA’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1), 1–14. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/123

Prambayun, A., Suyanto, M., & Sunyoto, A. (2016). Model Gamifikasi untuk Sistem Manajemen Pembelajaran. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/ view/1276

Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 357–366. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/ volume-24-no.-55-14.pdf

Rosalina, T. (2012). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5), 434–438. Retrieved from http://www.academia.edu/download/55740037/Jurnal-Manajemen-Pendidi kan-Volume-23-no.-5.pdf#page=43

Saifudin, M. F. (2015). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UMS (pp. 180–185). Retrieved from https://publikasiilmiah. ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6068

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https:// doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sulisworo, D. (2014). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. IJCETS, Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(2), 56–63. https://doi.org/ 10.15294/ijcets.v2i2.3804

Syafaruddin. (2017). Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam (3rd ed.). Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin, Mesiono, Wijaya, C., & Mahidin. (2019). Administrasi Pendidikan. (S. F. Marpaung, Agus, & A. Suyanto, Eds.) (5th ed.). Medan: Perdana Publishing.

Terry, G. R. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliani, Damopolii, M., & Usman. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–155. https:// doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20. Retrieved from http://jurnal.untan. ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082

Published
2020-06-22
How to Cite
Syafaruddin, S., Mesiono, M., Butar-Butar, A., & Assingkily, M. S. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BUNAYYA PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 32-45. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a4.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 960 times