IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI PADA PROGRAM STUDI PGMI IAIN KENDARI

  • Muhammad Ilham Institut Agama Islam Negeri Kendari
    (ID)
  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorontalo
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pendidikan anti korupsi pada program studi PGMI IAIN Kendari, mengetahui dampak dari implementasi model pendidikan anti korupsi tersebut, dan mengetahui model kurikulum pendidikan anti korupsi mana yang lebih memahamkan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 75 mahasiswa program studi PGMI IAIN Kendari semester IV. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model kurikulum pendidikan anti korupsi tidak 100% murni menerapkan model mata kuliah sendiri, tetapi mengintegrasikan pembelajaran tidak langsung, seperti pembiasaan dan pemberian nasihat. Implementasi model pendidikan anti korupsi tersebut sudah cukup memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai kajian korupsi. Model kurikulum dengan mata kuliah sendiri masih merupakan model yang paling memberi pengetahuan bagi mahasiswa terhadap materi anti korupsi, namun dengan penambahan program pembelajaran di luar kelas.

Abstract

 This study aimed to analyze the model of anti-corruption education implemented in PGMI (Islamic elementary school teacher) department at IAIN Kendari, to know the impact of the implementation of anti-corruption education model, and to find the most effective curriculum model of anti-corruption education. This research used qualitative descriptive method and the research subject was the 4th semester students of PGMI department at IAIN Kendari. The data collecting used were questionnaire and depth interview. The data were analyzed by data reduction, data presentation, and data verification. The findings indicated that anti-corruption education as regular subject in department of PGMI IAN Kendari was not the only method applied,but it integrated into indirect teaching such as getting them wonted and giving them advice. The implementation of anti-corruption education model made the students understand about corruption studies. Anti-corruption education as regular subject was the effective model to help the students understand the corruption, although an additional teaching method should be considered. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Alfabeta.

Andhikaputra, A. P. (2012). Pengaruh Banner ADS Kaskus.us terhadap Peningkatan Brand Image Klien (Survei pada User Kaskus di Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/10901/

Azra, A. (2006). Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi. (K. Helmanita & S. Kamil, Eds.). Jakarta: Center for the Study of Religion and Culture (CSRC).

Batmang, B. (2016). Pendekatan Transdisipliner (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Al-TA’DIB, 9(2), 44–54. https://doi.org/10.31332/ATDB.V9I2.512

Ching, C. P. (2014). Linking Theory to Practice: A Case-based Approach in Teacher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 280–288. https://doi. org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1425

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, B., & Summers, M. (2015). Applying Dale’s Cone of Experience to Increase Learning and Retention: A Study of Student Learning in a Foundational Leadership Course. In QScience Proceedings (Engineering Leaders Conference 2014) (Vol. 6, pp. 1–7). https://doi.org/10.5339/qproc.2015.wcee2014.6

Hadiati, Abdullah, I., & Udasmoro, W. (2013). Konstruksi Media terhadap Pemberitaan Kasus Perempuan Koruptor. Al-Ulum, 13(2), 345–372. Retrieved from http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/192

Handoyo, E. (2013). Pendidikan Antikorupsi (Edisi Revisi). Semarang: Penerbit Ombak.

Hauk, E., & Saez-Marti, M. (2002). On the Cultural Transmission of Corruption. Journal of Economic Theory, 107(2), 311–335. https://doi.org/10.1006/jeth.2001. 2956

Hidayat, A. S. (2019). Pendidikan Kampus Sebagai Media Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi Bagi Mahasiswa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10498

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapto, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.33369/JIP.3.2.105-110

Junaedi, N. S., Susanti, I., & Sumiyati. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi di Lingkungan Politeknik Negeri Bandung. SIGMA-Mu, 6(1), 49–59. https://doi.org/10.35313/SIGMAMU.V6I1.844

Khandaghi, M. A., & Farasat, M. (2011). The Effect of Teacher’s Teaching Style on Students’ Adjustment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1391–1394. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.299

Kristiono, N. (2018). Penanaman Nilai Antikorupsi bagi Mahasiswa FIS Unnes melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807

Maiyena, S. (2016). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter untuk Materi Global Warming. Ta’dib, 17(2), 148–156. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2. 269

Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Menerapan Teori Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. EDUTECH, 13(3), 361–373. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089

Natalia, D. L. (2019). Media Massa dan Pemberitaan Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Jurnal Antikorupsi Integritas, 5(2), 57–73. https://doi.org/10.32697/ INTEGRITAS.V5I2.472

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126–136. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Rahman, M. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(3), 337–344. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/ index.php/JPPI/article/download/1684/1362

Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadji. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 653–662. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.799

Suriasumatri, J. S. (2010). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Thalib, M. M., Syahran, R., & Arifyadi, A. (2019). Pemanfaatan Media Grafis dalam Layanan Informasi Dampak Pelanggaran Disiplin untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 261–272. https://doi.org/10.30653/001.201933.107

Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1. 4622

Zuber, A. (2018). Strategi Anti Korupsi melalui Pendekatan Pendidikan Formal dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Journal of Development and Social Change, 1(2), 178–190. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jodasc/article/view/ 23058

Published
2020-06-22
How to Cite
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI PADA PROGRAM STUDI PGMI IAIN KENDARI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 20-31. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a3.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 853 times