EFEKTIVITAS PENERAPAN MODE LPEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Baharuddin Abbas Scopus ID: 57202610804, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Wirda Raoda Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dan data pemahaman konsep matematika dikumpulkan melalui tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent samplet T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model reciprocal teaching motivasi belajar siswa yang sebelumnya 35% berada pada kategori tinggi kemudian meningkat menjadi 95%, dapat pula dilihat peningkatannya dari rata-rata motivasi belajar awal siswa yaitu 68,35 kemudian meningkat menjadi 84,00. Pemahaman konsep matematika siswa juga meningkat setelah diterapkannya model reciprocal teaching yang sebelumnya 15% berada pada kategori tinggi meningkat menjadi 55%, dengan peningkatan rata-rata pemahaman konsep awal yaitu 46,50 meningkat menjadi 80,05. Dengan demikian penerapan model pembelajaran reciprocal teaching efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa.

Abstract

The aims of this study were to improve the students' learning motivation and understanding mathematical concept by applying reciprocal teaching learning model. Data of learning motivation was collected through questionnaire and data of understanding mathematical concept was collected through tests. Data analysis techniques used were descriptive and infrential statistics. Hypothesis testing used was Independent Samplet Test. The findings showed that after the implementation of reciprocal teaching model, the students' motivation in learning improve from 35% to 95%. It could also be seen that the average of the students' initial learning motivation increased from 68.35 to 84.00. The understanding of the students' mathematical concept also improve after the implementation of reciprocal teaching model which previously was 15% in the high category increased to 55%, with an increase in the average of initial concept understanding from 46.50 to 80.05.  Thus, the application of reciprocal teaching learning model is effective to improve the students' learning motivation and understanding mathematical concept.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Baharuddin Abbas, Scopus ID: 57202610804, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=hLiqb5AAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6097933&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2014 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang
Contact Person: Hp. +6285255652210 email: [email protected]

References

Abd, R. (2012). Sistem Pemberian Balikan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab. Makassar: Alauddin University Press.

Argikas. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Depok, 1(1). Retrieved from file:///C:/Users/USER/Downloads/186-686-1-PB(1).pdf

Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gita. (2016). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4, 4. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/123032/pengaruh-model-reciprocal-teaching-terhadap-pemahaman-konsep-dan-motivasi-belaja

Jamaris. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Latuconsina. (2013). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Rosyada. (2014). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.

Sagala. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Putakaraya.

Sudawetri. (2014). Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus MAYOR METRA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3108

Suprijono. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Published
2019-06-24
How to Cite
Abbas, B., Mania, S., Raoda, W., Rasyid, M. R., & Tayeb, T. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODE LPEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14-25. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a3.2019
Section
Artikel
Abstract viewed = 647 times