PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS METODE ILMIAH UNTUK PENGUASAAN KONSEP LINGKUNGAN DAN PERUBAHANNYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis metode ilmiah pada materi lingkungan dan perubahannya yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini didesain dengan model Plomp & Nieveen yang terdiri dari tiga fase, yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan penilaian (assessment phase). Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan IPA. Data yang diperlukan dalam penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, lembar observasi, dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah LKM berbasis metode ilmiah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan secara teori dan praktek, serta keefektifan. Dengan demikian, LKM tersebut adalah berkualitas.
Abstract
This study aimed to find the quality of the students’ worksheet development based on scientific method in environment and its material changes which fulfilled the criteria of validity, practicality, and effectiveness. This developing research was designed using Plomp & Nieveen model which consisted of 3 phases, namely preliminary research, developing or prototyping, and assessment phases. The subjects of this study were students of Science Education Department. The data needed in this study were collected through expert validation sheet, observation sheet, and questionnaire. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. The result of this study indicated that the students’ worksheet based on scientific method gained the criteria of validity, practicality, and effectiveness. Therefore, the developing students’ worksheet (LKM) had quality.
Downloads
References
Amran, M., Adnan, & Asmah, S. T. (2019). Peranan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Eksperimen pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual” (pp. 299–303). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8883/5162
Bahrum. (2013). Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 35–45. https://doi.org/10.24252/.v8i2.1276
Febriani, M. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 203–212. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4482
Gerde, H. K., Schachter, R. E., & Wasik, B. A. (2013). Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum. Early Childhood Education Journal, 41(5), 315–323. https://doi.org/10.1007/s10643-013-0579-4
Halim, S. N. H., Darwis, M., & Dassa, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 196–210. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a8.2018
Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/ijcet.v2i1.1261
Herabudin. (2013). Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Herayanti, L., & Habibi. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61–66. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.236
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: PENA Salsabila.
Indayati, T. (2006). Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Materi Pokok Laju Reaksi di MAN Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama.
Krisdiana, I., Masfingatin, T., & Murtafiah, W. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Mengajukan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA (pp. 490–494). Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/841
Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049
Kusaeri, & Ridho, A. (2019). Learning Outcome of Mathematics and Science: Fetures of Indonesian Madrasah Students. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pep.v23i1.24881
Mukono, H. J. (2006). Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press.
Ni’mah, S. (2016). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 70–79. https://doi.org/10.33654/jpl.v11i2.414
Nurjannah. (2019). Eksplorasi Metakognisi terhadap Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 78–89. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a9.2019
Paramita, A. D., Rusilowati, A., & Sugianto. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 58–67. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1495
Plomp, T., & Nieveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. In Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007 (pp. 103–123). Enschede: Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO). Retrieved from https://research.utwente.nl/files/14472302/Introduction_20to_20education_20design_20research.pdf
Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMPN 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709
Rosdiana, L., Nurita, T., & Sabtiawan, W. B. (2018). Pengembangan LKM untuk Meningkatkan Literasi Sains Calon Guru IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p27-32
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 20–33. https://doi.org/10.30738/ natural.v6i1.4073
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida Statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 6–13. https:// doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6284
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trisianawati, E., & Darmawan, H. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 60–71. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.38
Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 71–79. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/1639/1391
Winarti. (2011). Pembangunan Karakter dalam Pembelajaran Sains melalui Metode Ilmiah. In Prosiding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi “Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya Menuju Pembangunan Karakter" (pp. 371–374). Retrieved from https://www.e-jurnal.com/2015/02/pembangunan-karakter-dalam-pembelajaran.html
Wright, G. B. (2011). Student-Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23(3), 92–97. https://doi.org/10.1080/03075079312331382498
Zebua, A. P. (2015). Masalah Pembelajaran IPA. Retrieved March 16, 2020, from http://satyaaris.blogspot.com/2015/02/masalah-pembelajaran-ipa.html
Copyright (c) 2020 Tatik Indayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.