IMPLEMENTASI EVALUASI SOAL PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MI ASSYAFI’IYAH

  • Taseman Taseman INSTITUT AGAMA ISLAM AL-KHOZINY BUDURAN SIDOARJO INDONESIA
    (ID)
  • Iman Rasiman IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, Indonesia
    (ID)
  • Arumi Puji Lestari UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
    (ID)
  • Atik Anturichana UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
    (ID)
  • Hanyfa Maulidiyah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Husniyyah Hasun UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evalusi soal pembelajaran IPS Madrasah Ibtidaiyah Assyafi’iyah Kebonagung Wonodadi, Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pemaparan datanya secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber pengumpulan data diperoleh dari narasumber/informan dan dari tempat penelitian. Hasil penelitian ini yaitu evaluasi pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Assyafi’iyah sudah terlaksana cukup baik. Sekolah ini sudah mengunakan kurikulum 2013 maka untuk evalusinya harus memenuhi tiga ranah yaitu ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Namun, di Madrasah Ibtidaiyah Assyafi’iyah hanya 2 ranah yang sudah terlaksana dengan baik yaitu ranah pengetahuan dan sikap, sedangkan ranah keterampilan belum terlaksana dengan baik karena masih ada beberapa kendala.

Abstract

This study aimed to discuss the implementation of learning evaluation on Social Studies (IPS) at Madrasah Ibtidaiyah Assyafi'iyah Kebonagung Wonodadi, Blitar Regency. The research method used was the qualitative descriptive method. The data were collected through interview, observation, and documentation. The data sources were obtained from the informants and the research location (MI Assyafi'iyah). The results of this study indicated that the evaluation of social studies learning in MI Assyafi'iyah had been implemented quite well. This school used the 2013 curriculum so that the evaluation must fulfill three domains, namely knowledge, attitude, and skill fields. However, in Madrasah Ibtidaiyah Assyafi'iyah, there were only 2 domains that had been implemented well, they were knowledge and attitude fields. Skill field had not been implemented properly because of several obstacles.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityas, K. B. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Guru Mata Pelajaran Geografi SMA Se Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/27284/

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1012

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11–26. Retrieved from https://www.academia.edu/15666277/RESEARCH_AND_ DEVELOPMENT_R_and_D_SEBAGAI_SALAH_SATU_MODEL_PENELITIAN_DALAM_BIDANG_PENDIDIKAN_Oleh

Jannah, E. M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Muntilan. Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.1177/ 0309133309346882

Jannah, S. M. R. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(18), 1.695-1.705. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/ article/view/11583

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahrani, S. (2014). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di 5 SMP Kota Medan. Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/4400/

Marjito, E. R., & Juniardi, K. (2019). Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Singkawang. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 233–241. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/ 1597

Nurhasanah. (2019). Efektivitas Implementasi Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 di MTSN 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004

Nurussyifa, A. M., Nurfadilah, I., Pertiwi, R. S., Sunari, R. S., Rahman, R. N., & Hanifah, Y. N. (2011). Evaluasi Pembelajaran (Evaluasi Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik). Bandung. Retrieved from https://www.academia.edu/32459285/ EVALUASI_PEMBELAJARAN_EVALUASI_KOGNITIF_AFEKTIF_DAN_PSIKOMOTORIK

Purnamaningwulan, R. A. (2019). Pre-Service Teachers’ Reflective Practices in Implementation the Scientific Aproach of 2013 Curriculum. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3(2), 157–168. https://doi.org/ 10.24071/ijiet.2019.030203

Ramdan, L. (2019). Pengembangan Model Pelatihan Permainan Tradisional Edukatif Berbasis Potensi Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Orang Tua Anak Usia Dini di SDN Selebung. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.1234567/al%20ilm.v1i1.3400

Ratnawati, N., & Sukamto. (2019). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru-Guru IPS SMP dalam Upaya Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 102–106. https://doi.org/10.23887/JWL.V8I2.17710

Reco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48. https://doi.org/10.12973/iji.2016.914a

Sarwiyati, Joebagio, H., & Agung S., L. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Miri). Historika, 17(2), 98–105. https://doi.org/10.20961/historika.v17i2.29332

Siregar, I. L. (2014). Kesiapan Guru Pada Pembelajaran IPS dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IV pada 3 Sekolah Dasar di Kota Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/4401/

Subadi, Priyono, T. K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2015). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 melalui Lesson Study di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. WARTA, 18(1), 62–76. https://doi.org/10.23917/ warta.v18i1.1168

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryanto, A. (2014). Konsep Dasar Penilaian dalam Pembelajaran. In Evaluasi Pembelajaran di SD (pp. 1–49). Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4070/

Wijayati, E. C., Degeng, I. N. S., & Sumarmi. (2016). Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2241–2247. https://doi.org/10.17977/ jp.v1i11.8132

Zaini, H. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Managemen Pendidikan Islam, 1(1), 15–31. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/ 288

Published
2020-06-24
How to Cite
Taseman, T., Rasiman, I., Lestari, A. P., Anturichana, A., Maulidiyah, H., & Hasun, H. (2020). IMPLEMENTASI EVALUASI SOAL PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MI ASSYAFI’IYAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 74-80. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a7.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 768 times