IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SUMATERA BARAT

  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta
    (ID)
  • Rona Taula Sari Universitas bung hatta
    (ID)

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi dan pelaksanaan pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah dasar Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara dengan partisipan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di Sumatera Barat yang terdiri dari lima kabupaten atau kota yang berjumlah 50 sekolah dasar. Hasil temuan penelitian antara lain: (1) kelainan yang dimiliki peserta didik berkebutuhan khusus di 50 sekolah dasar yang tersebar di Sumatera Barat relatif sama yaitu lamban belajar dan tuna grahita ringan, (2) penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah dasar Sumatera Barat kurang berjalan dengan baik, dan (3) kendala implemetasi pendidikan inklusi adalah kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah serta biaya untuk pengadaan sarana pendidikan inklusi relatif sedikit, pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus masih sangat minim.

Abstract

This study aimed to describe the identification and implementation of inclusive education for children with special needs in elementary schools of West Sumatra. This study used a descriptive method with a qualitative approach. Data collection was done through direct observation and interviews with the participants. The research's subjects were elementary school teachers in West Sumatra, which consisted of five districts or cities covering 50 primary schools. The results of the research findings included: (1) the disabilities possessed by students with special needs in 50 elementary schools in West Sumatra were relatively the same, namely slow learning and mild mentally disabled, (2) the implementation of inclusive education in primary schools of West Sumatra was not running well, and (3) the obstacles of inclusive educational implementation were the lack of facilities and infrastructure owned by schools, relatively few costs for the provision of inclusive education facilities, and teachers' understanding of students with special needs was still limited. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siska Angreni, Universitas Bung Hatta
lektor
Rona Taula Sari, Universitas bung hatta
lektor

References

Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91–104. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Epistemologi Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57–71. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/209

Direktorat Pembinaan PKLK. (2017). Aplikasi Berbasis Informasi. Takola.Pklk.Kemdikbud.Go.Id. http://takola.pklk.kemdikbud.go.id/abi/index.php/

Ervianti, E. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SD Negeri Kalukuang III Kota Makassar [Universitas Negeri Makassar]. http://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=47180

Harahap, D., & Hastina, N. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif SDN No. 067261 Medan Marelan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA 2017, 1119–1125. https://doi.org/10.31227/osf.io/reuk2

Husen, H. B. (2018). Pendidikan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus. FKIP Universitas Bunghatta.

Mieghem, A. Van, Verschueren, K., Petry, K., & Struyf, E. (2018). An Analysis of Research on Inclusive Education: A Systematic Search and Meta Review. International Journal of Inclusive Education, 24(6), 675–689. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1482012

Nazir, M. R. S. (2009). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 237–242. https://media.neliti.com/media/publications/172228-ID-sekolah-inklusi-untuk-anak-berkebutuhan.pdf

Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Raja Grafindo Persada.

Riadin, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1), 22–27. https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.17

Saloviita, T. (2020). Attitudes of Teachers Towards Inclusive Education in Finland. Scandinavian Journal of Educational Research, 64(2), 270–282. https://doi.org/10.1080/00313831.2018.1541819

Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 1–14. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1929

Taufan, J., & Mazhud, F. (2014). Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 14(1), 62–75. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3213

Wardani, I. G. A. . (2012). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas terbuka.

Zabeli, N., Shehu, B. P., & Anderson, J. A. (2020). The The Understanding of Inclusive Education in Kosovo: Legal and Empirical Argumentation. Center for Educational Policy Studies Journal, 1–21. https://doi.org/10.26529/cepsj.692

Published
2020-12-21
How to Cite
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SUMATERA BARAT. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145-153. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 4314 times