ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI ERA NEW NORMAL

  • Luluk Sri Handayani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
    (ID)
  • Zulaikhah Zulaikhah Universitas Islam Negeri walisongo Semarang
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah MI Syafi’iyah Demak dalam melaksanakan pembelajaran daring bagi guru di era new normal dengan harapan peserta didik mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan tercapai secara optimal. Metode penelitian ini menerapkan jenis kualitatif melalui studi lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah MI Syafi’iyah Demak, sedangkan kepala sekolah dan guru menjadi subjek penelitian. Sumber data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah MI Syafi’iyah telah memiliki kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tatap muka melalui pembatasan jumlah peserta didik sesuai protokol kesehatan. Kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, dan wali peserta didik bekerja sama untuk menyukseskan kebijakan tersebut.

Abstract

This study aimed to know the principal policies of MI Syafi'iyah Demak in implementing online learning for teachers in the new normal era, hoping that the students would get quality and optimal education. This research used a descriptive qualitative approach with field studies. The research's object was MI Syafi'iyah Demak, while the principal and teachers were the research subjects. Data sources were obtained through observation, interviews, and documentation. The data analysis used was data reduction, data presentation, and verification. The results indicated that the principal of MI Syafi'iyah had the policy to implement face-to-face learning and the number of students based on the health protocol. Principals, class-teachers, subject-teachers, and guardians of the students work together to make the policy successful.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luluk Sri Handayani, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI UIN Walisongo Semarang Periode 2017/2018 dan 2018/2019
Zulaikhah Zulaikhah, Universitas Islam Negeri walisongo Semarang
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Ahmad, Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/4033/1527/

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 terhadap Pengelolaan Sekolah dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kemendiknas.

Masykuri. (2019). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018. UIN Walisongo Semarang.

Moralista, R. B., & Oducado, R. M. F. (2020). Faculty Perception toward Online Education in a State College in the Philippines during the Coronavirus Disease 19 (COVID-19) Pandemic. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4736–4742. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081044

Mulyasa. (2019). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran melalui E-Learning untuk Menghadapi Era New Normal. OSF Preprints.

Rukajat, A. (2018). Penelitian Kuantitatif “Quantitative Research Approach.” Deepublish.

Saboowala, R., & Manghirmalani-Mishra, P. (2020). Perception of In-Service Teachers Towards Blended Learning as the New Normal in Teaching-Learning Process Post COVID-19 Pandemic. Research Square, 1–16. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-56794/v1

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini. (2020). Respon Pendidikan Dasar terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481–492. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492

Published
2020-12-24
How to Cite
Handayani, L. S., & Zulaikhah, Z. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI ERA NEW NORMAL. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 176-183. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a7.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 1276 times