KOLABORASI ANTAR GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM INKLUSI

  • Nino Indrianto Institut Agama Islam Negeri Jember
    (ID)
  • Ilma Nikmatul Rochma Institut Agama Islam Negeri Jember
    (ID)

Abstract

                                                   

Abstrak

Kondisi inklusi adalah suatu kondisi yang sering dijumpai dalam masyarakat, lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk memfasilitasi mereka. Namun sayangnya masih sedikit lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan pendidikan inklusi. Salah satu alasannya karena pendidikan inklusi memerlukan kolaborasi antara guru kelas dengan guru pembimbing khusus. Namun, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember sudah mampu melaksanakan program pendidikan inklusi dengan memberikan pelayanan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi serta kolaborasi yang dilakukan oleh guru kelas dengan guru pembimbing khusus di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berjenis studi kasus. Hasil Penelitian ini: (1) Pelaksanaan pendidikan inklusi menggunakan model pembelajaran two teacher yaitu guru kelas dan guru pembimbing khusus dan strategi pull out yakni siswa berkebutuhan khusus dipindahkan dari satu kelas ke ruang yang lain, dan (2) kolaborasi antara guru kelas dengan guru pembimbing khusus ditunjukkan dengan adanya kerjasama dalam bentuk penyampaian materi dan penggunaan media pembelajaran. Materi yang sulit dapat dipahami oleh siswa ABK diperjelas oleh guru pembimbing khusus menggunakan komunikasi interpersonal secara privat dengan media khusus.

Abstract

The condition of inclusion is a condition that is often found in society. Educational institutions have a responsibility to facilitate them. However, there are still only a few Islamic educational institutions that provide inclusive education. One of the reasons is because inclusive education needs collaboration between classroom teachers and particular supervisors. However, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember has implemented inclusive education programs by providing learning services for children with special needs or ABK properly. This study aimed to describe the implementation of inclusive education and collaboration carried out by classroom teachers and special supervisors at SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. The approach used in this research was a qualitative case study. The results of this study indicated that; (1) The implementation of inclusive education used a two-teacher learning model, which needed a class teacher and a special supervisor, and a pull-out strategy in which students with special needs were transferred from one class to another, and (2) collaboration between class teachers and special supervisors was indicated by cooperation to deliver lesson and use learning media. Particular supervisor used private interpersonal communication with special media to explain difficult lesson material for students with special needs.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nino Indrianto, Institut Agama Islam Negeri Jember
Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember, lektor
Ilma Nikmatul Rochma, Institut Agama Islam Negeri Jember
Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember

References

Abdullah, B. (2016). Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palu. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 12(2), 1–15. https://doi.org/10.21831/istoria.v12i2.11052

Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2019). Acceptance and Commitment Therapy (ACT) to Improve Educators Self-Acceptance of Children with Special Needs. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(2), 117–124. https://doi.org/10.24042/kons.v6i2.4701

Damayanti, V. V. W., & Irniasari, R. (2020). Religious Based Learning as a Form of Cultivating Character Values in Children with Special Needs at SDLB Jenangan, Ponorogo. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i1.114

Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. PT Refika Aditam.

Iryayo, M., Anggriyani, D., & Herawati, L. (2018). Educational Partners’ Perception Towards Inclusive Education. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 5(1), 25–44. https://doi.org/10.14421/ijds.050102

Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Jannah, M., Damri, & Ardisal. (2015). Problema Guru Pembimbing Khusus dalam Penyelenggaraan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 14 Koto Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 201–214. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/7055/5554

Miftahurrahmah. (2017). Pembinaan Guru Sekolah Dasar Inklusi di SD Negeri Langenharjo 02 Kecamatan Margorejo dan SD Negeri Trangkil. Jurnal Hanata Widya, 6(5), 90–97. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/download/7693/7321

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualittative Data Analysis. SAGE Publications.

Mintarsih, E. (2017). Pengelolaan Kelas di Sekolah Inklusi. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 2(1), 56–70. https://doi.org/10.30870/unik.v2i1.3548

Muis, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Abadi.

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Kencana.

Smith, D. (2018). Sekolah untuk Semua: Teori dan Pelaksanaan Edisi Revisi, Terj. Mohammad Sugiarmen dan Baihaqi. Nuansa Cendekia.

Sulthon. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. NKLUSI: Journal of Disability Studies, 6(1), 151–172. https://doi.org/10.14421/ijds.060107

Triyanto, & Permatasari, D. R. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176–186. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p176

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (PLB) terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93–108. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108

Yoyon. (2014). Komunikasi antar Pribadi. UIN Sunan Ampel Press.

Zakia, D. L. (2015). Guru Pembimbing Khusus (GPK): Pilar Pendidikan Inklusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 110–116. https://media.neliti.com/media/publications/172016-ID-guru-pembimbing-khusus-gpk-pilar-pendidi.pdf

Published
2020-12-21
How to Cite
Indrianto, N., & Rochma, I. N. (2020). KOLABORASI ANTAR GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM INKLUSI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 165-175. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a6.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 2735 times