IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Galih Mustikaningrum Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Linda Pramusinta Universitas Negeri Semarang
  • Sri Ayu Muhtar Umar Buamona Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Edi Cahyadi SD Negeri 3 Pakis, Kradenan, Grobogan
    (ID)
  • Wahyu Istiqomah SD Negeri 3 Pakis, Kradenan, Grobogan
    (ID)

Abstract

Abstrak

Kompetensi inti pendidikan di Indonesia salah satunya adalah membentuk karakter siswa, oleh karena itu strategi yang tepat untuk mencapai hal tersebut perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terintegrasi oleh kurikulum serta model pembelajaranya dan gambaran sekolah pada penanganan wabah pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di MI Al Islam Gunungpati pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penguatan pendidikan karakter siswa yang terintegrasi kurikulum sudah baik dilakukan karena sudah memasukan nilai karakter di administrasi guru seperti silabus dan RPP. Pada PPK yang terintegrasi di model pembelajaran sudah menerapkan anjuran pemerintah yaitu menerapkan pembelajaran siswa aktif. Pada PPK di saat pandemi covid-19 orang tua siswa juga menjadi penilai pendidikan karakter anaknya karena proporsi tatap muka dengan guru kelas terbatas.

Abstract

One of the core competencies of education in Indonesia is building the students’ characters so that the right strategy to achieve this needs to be done. This study aimed to describe the implementation of Strengthening Character Education or PPK, which was integrated by the curriculum, the learning model, and schools' description during Covid-19 pandemic. This study used a qualitative descriptive method, and it was conducted at MI Al Islam Gunungpati, the odd semester of the 2020/2021 school year. The subjects of this study were the principal and class teachers. The data were obtained through documentation and observation. The results indicated that the students’ character education integrating into the curriculum was good because it has included character values in the syllabus and lesson plans. PPK that was integrated into the learning model had applied government recommendations to implement active student learning. To strengthen Character Education during the Covid-19 pandemic, the students’ parents were also evaluators of their children's educational character because the students had limited face-to-face learning classes with teachers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Akbar, S., Samawi, A., Arafiq, M., & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23(2), 139–151. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/6778

Albertus, D. K. (2015). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Gresindo.

Ariawan, S. (2018). The Effectiveness of Cooperative Learning Method (Student Team Achievement Divisions) in Christian Education. IJECA: Journal of Education and Curriculum Application, 1(3), 45–50. https://doi.org/10.31764/ijeca.v1i3.2128

Arumsari, C., & Anggarasari, N. H. (2019). Antusias Siswa dalam Bimbingan Kelompok di Sekolah terhadap Mengembangkan Kekuatan Karakter Kesederhanaan (Temperance) dan Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(1), 24–29. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/388

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.

Bisaha, D. (2019). Building Character: The Art and Science of Casting by Amy Cook. Theatre Topics, 29(2), 177–178. https://doi.org/10.1353/tt.2019.0026

Choudhury, S. A., & Barooah, I. P. (2016). Character Strengths and Academic Achievement in Undergraduate College Students. Indian Journal of Positive Psychology, 7(1). https://www.questia.com/library/journal/1P3-4055684081/character-strengths-and-academic-achievement-in-undergraduate

Etikasari, B., Puspitasari, T. D., Kurniasari, A. A., & Perdanasari, L. (2020). Sistem Informasi Deteksi Dini Covid-19. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 9(2), 101–108. https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.28278

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hasnadi, Sumaryanto, T., Ekosiswoyo, R., & Prihatin, T. (2020). Strengthening the Class-Based Character Education (Case Study of SMP Negeri 6 and SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh). Global Conferences Series: Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), 5, 83–87. https://doi.org/10.32698/GCS-PSSHERS350

Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Multidimensional melalui Implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89–101. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1–4. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/1

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–313.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. CV Kekata Group.

Muldani, E., Anriani, N., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Barisan dan Deret. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 124–130. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/784

Musyarofah, Hindarto, N., & Mosik. (2013). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran IPA Guna Menumbuhkan Kebiasaan Bersikap Ilmiah. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(2), 41–48. https://doi.org/10.15294/upej.v2i2.2665

Noer, A., Tambak, S., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028

Nugrahani, F. (2017). The Development of Film-Based Literary Materials Which Support Character Education. Cakrawala Pendidikan, 36(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 178–188. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5682

Purnomo, S. (2014). Pendidikan Karakter di Indonesia Antara Asa dan Realita. Jurnal Kependidikan, 1(1), 67–68. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.553

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229–244.

Rissanen, I., Kuusisto, E., Hanhimäki, E., & Tirri, K. (2018). The Implications of Teachers’ Implicit Theories for Moral Education: A Case Study from Finland. Journal of Moral Education, 47(1), 63–77. https://doi.org/10.1080/03057240.2017.1374244

Septiani, A. N. S. I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Utami, K. N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Wagner, L., & Ruch, W. (2015). Good Character at School: Positive Classroom Behavior Mediates the Link Between Character Strengths and School Achievement. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00610

Widyahening, S., & Wardhani, M. (2016). Literary Works and Character Rducation. International Journal of Language and Literature, 4(1), 176–180. https://doi.org/10.15640/ijll.v4n1a20

Yuliana, D. R. R., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2018). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas melalui Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Tematik, 9(2), 109–114. https://doi.org/10.24114/jt.v9i2.14434

Published
2020-12-21
How to Cite
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Muhtar Umar Buamona, S. A., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154-164. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 5626 times