ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DASAR: ANALISIS JURNAL SINTA 2 SAMPAI 6
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran daring yang dilaksanakan sekarang ini sudah memperhatikan pemenuhan hierarki kebutuhan Maslow dengan baik atau belum. Metode yang dipilih pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan pendekatan yang dipilih yaitu studi kepustakaan atau library research. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumuplan data dengan dokumentasi yaitu mencari data dalam bentuk artikel dari jurnal sinta 2 sampai sinta 6 sebanyak 15 artikel tentang hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang menjadi kunci dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Temuan dalam penelitian ini yaitu hierarki kebutuhan Maslow tersusun secara berjenjang dimulai dari tingkatan kebutuhan yang paling dasar sampai tingkatan tertinggi yaitu dimulai dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan rasa memiliki, kebutuhan untuk dihargai, dan kebutuhan aktualisasi diri. Pemenuhan kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring sudah terpenuhi dengan cukup baik meliputi kebutuhan fisiologis, cinta dan rasa memiliki, untuk dihargai dan aktualisasi diri, sedangkan untuk kebutuhan akan rasa aman terpenuhi cukup baik karena masih ada yaitu kesibukaan orang tua dalam bekerja yang tidak ada waktu. Jadi agar pembelajaran daring bisa terlaksana dengan efektif maka guru dan orang tua harus memperhatikan hierarki kebutuhan Maslow.
Abstract
The purpose of this study was to determine whether the existing online learning fulfilled Maslow's hierarchy of needs adequately or not. The method used in this study was a qualitative method with an approach of library research. The data obtained through the documentation by looking for data from 15 articles of the Sinta 2 to Sinta 6 journals about Maslow's hierarchy of needs in online learning. The instrument in this study was the researchers themselves as the keys in this research. The analysis technique used was content analysis. The findings in this study were that Maslow's hierarchy of needs was arranged in stages, starting from the most basic level of needs to the highest level, starting from physiological, security, love and belonging, respecting, and self-actualization needs. The fulfillment of Maslow's needs in online learning had been fulfilled quite well, including physiological needs, love and a sense of belonging, to be respected and self-actualized. In contrast, the security need was fulfilled quite well because parents work tirelessly. Therefore, online learning could be carried out effectively if teachers and parents paid attention to Maslow's hierarchy of needs.
Downloads
References
Abbas, J. (2020). Service Quality in Higher Education Institutions: Qualitative Evidence from the Students' Perspectives using Maslow Hierarchy of Needs. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 371–384. https://doi.org/10.11 08/IJQSS-02-2020-0016
Aini, D. F. N., Hanurawan, F., & Hariyono. (2016). Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1875–1879. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6865
Ariyanto, A., & Sulistyorini. (2020). Konsep Motivasi Dasar dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2333
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi. org/10.19109/jip.v4i1.2269
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
Hadori, M. (2015). Aktualisasi-Diri (Self-Actualization), Sebuah Manifestasi Puncak Potensi Individu Berkepribadian Sehat (Sebuah Konsep Teori Dinamika Holistik Abraham Maslow). Jurnal Lisan Al-Hal, 9(2), 207–222. https://doi.org/10.35 316/lisanalhal.v9i2.92
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid- 19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670
Inikah, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kecemasan Komunikasi terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 19–40. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/viewFile/1038/950
Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.24252/kah.v4i 1a2
Komarudin. (2005). Permainan Sepakbola sebagai Wahana Pembinaan Sikap Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. JurnaL Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 33–43. http://eprints.uny.ac.id/4883/1/Permainan_Sepakbola_Sebagai_Wahana.pdf
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 145–150. https://doi.org/10.36456/inven ta.4.2.a2607
Lonn, M. R., & Dantzler, J. Z. (2017). A Practical Approach to Counseling Refugees: Applying Maslow's Hierarchy of Needs. Journal of Counselor Practice, 8(2), 61–82. https://doi.org/10.22229/olr789150
Mahrus, & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik dan Kecerdasan Ganda dalam Desain Pembelajaran PAI. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 74–91. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506
Masbur. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Perspektif Abraham Maslow (1908-1970) (Analisis Filosofis). Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 29–47. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.316
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.24 036/sporta.v5i2.140
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rasheed, E. O., Yu, J., Hale, S., Booth, N., & Shahzad, W. (2019). Explaining the Factors' Influencing Young Females' Interest in the Construction Industry using Maslow's Hierarchy of Needs. West Africa Built Environment Research (WABER) Conference, 580–589. https://doi.org/0.33796/waberconference2019. 40
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pemelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjur nal.v7i2.768
Ryan, B. J., Coppola, D., Canyon, D. V., Brickhouse, M., & Swienton, R. (2020). Covid-19 Community Stabilization and Sustainability Framework: An Integration of the Maslow Hierarchyof Needs and Social Determinants of Health. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 14(5), 623–629. https://doi.org/10.1017/dmp.2020.109
Ștefan, S. C., Popa, Ș. C., & Albu, C. F. (2020). Implications of Maslow's Hierarchy of Needs Theory on Healthcare Employees' Performance. Transylvanian Review of Administrative Sciences, 59 E, 124–143. https://doi.org /10.24193/tras.59E.7
Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 184–202. https://doi.org/10.28918/jei.v 3i2.1687
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Nilacakra.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi. org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tekeng, S. N. Y., & Alsa, A. (2016). Peranan Kepuasan Kebutuhan Dasar Psikologis dan Orientasi Tujuan Mastery Approach terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri. Jurnal Psikologi, 43(2), 85–106. https://doi.org/10.22146/jpsi.22856
Utamaningsih, A., Monika, G., & Yenida. (2019). Motivasi Kerja Karyawan dalam Kajian Teori Kebutuhan Maslow. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.30630/jipb.11.No.%202.252
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work from Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641–653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264
Yunailis, M. (2019). Kajian Teori Humanistik Maslow dalam Kurikulum 2013. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 86–96. https://doi.org/10.24042/alidar ah.v9i1.3657
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Copyright (c) 2021 Urip Meilina Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.