ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI

  • Mardiana Mardiana STKIP MELAWI
    (ID)
  • Ahmad Khoiri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
    (ID)

Abstract

Abstrak

Beberapa sekolah negeri dan swasta di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi memiliki siswa berkebutuhan khusus dan menyelenggarakan pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan inklusi dilaksanakan di sekolah dengan legalitas penyelenggaraan pendidikan inklusi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari lima kepala sekolah, satu guru, satu siswa di sekolah inklusi, orang tua siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adaptasi penyelenggaran pendidikan inklusi untuk pembelajaran kedepannya akan menyesuaikan dengan kondisi atau lingkungan saat ini, kebutuhan siswa, dan tindakan sekolah untuk pencapaian tujuan tetap memberikan pelayanan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus dengan melibatkan guru kelas dan wali kelas sebagai pendamping dalam proses pembelajaran dan memenuhi sarana dan prasana seadanya yang ada di sekolah serta menjaga keseimbangan dengan menjaga komitmen antara guru, sekolah, dan orang tua. Selain legalitas yang didapat sekolah, diperlukan juga kerjasama dan dukungan pemerintah untuk memberikan penyediaan sumber pendukung lainnya agar proses sesuai dengan pedoman pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan inklusi.

Abstract

Several public and private elementary schools in Nanga Pinoh Melawi Regency have students with special needs and carry out inclusive education. This study aimed to investigate the extent of inclusive education implemented in schools with the legality of implementing inclusive education by the Head of Melawi District Education Office. This study was qualitative research using a case study approach. The research subjects were selected using purposive sampling consisting of five principals, one teacher, one student in inclusive schools, and parents of a student with special need and a regular student. Data analysis used was interactive analysis by Miles and Huberman. The results indicated that the adaptation of inclusive education for future learning would adjust to the current conditions or environment, students’ needs, and school actions to achieve the goal by continuing to provide guidance services for students with special needs by involving class and guardian teachers as companions in the learning process, fulfilling basic facilities, and maintaining balance by maintaining the commitment between teachers, school, and parents. In addition, aside from the legality obtained, the schools also require cooperation and government support to provide other supporting resources to process following the guidelines for implementing inclusive education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I. (2019). Penerapan Identifikasi, Asesmen, dan Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 72–80. https://journal.unesa.ac.id/ index.php/jpd/article/view/6550

Amka, A. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Nizamia Learning Center.

Andini, D. W., Rahayu, A., Budiningsih, C. A., & Mumpuniarti. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. PT. Kanisius.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi dan Implementasi Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153. https://doi.org/10.24252/10.24 252/auladuna.v7i2a4.2020

Anjarsari, A. D., Efendy, M., & Sulthoni. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91–104. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Aslan. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Depdiknas.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Cocid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi. org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ediyanto, Atika, I. N., Kawai, N., & Prabowo, E. (2017). Inclusive Education in Indonesia from the Perspective of Widyaiswara in Centre for Development and Empowerment of Teachers and Education Personnel of Kindergartens and Special Education. IJDS: Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 104–116. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.004.02.3

Fernandes, R. (2017). Adaptasi Sekolah terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16

Firman, F. (2020). Management of Inclusive Education Classes in One of the Elementary School in Jambi Province. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(4), 485–491. https://doi.org/10.31933/DIJDBM

Kemendikbud. (2020). Panduan Pembelajaran bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas Selama Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://pmpk. kemdikbud.go.id/read-news/panduan-pembelajaran-bagi-peserta-didik-penyanda ng-disabilitas-selama-masa-pandemi-covid19

Lundqvist, J., Westling, M. A., & Siljehag, E. (2016). Characteristics of Swedish Preschools that Provide Education and Care to Children with Special Educational Needs. European Journal of Special Needs Education, 31(1), 124–139. https://doi.org/10.1080/08856257.2015.1108041

Mansur, H., Yasin, M. H. B. M., Warni, H., & Utama, A. H. (2021). The Development of Model Design Inclusive Education Learning. Psychology and Education Journal, 58(1), 4087–4095. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1470

Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.33 096/eljour.v1i2.55

Milfayetty, S., & Putri, U. N. (2020). Memberi Penguatan pada Guru Menerapkan Mindful Breathing dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di SD Inklusi Jalan Sei Petani No. 19, Medan. Jurnal Vokasi, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.30 811/vokasi.v4i2.2002

Prasetya, H., Rahman, M., Adityawati, I. A., & Islamiyah, U. K. (2018). Layanan Pembelajaran untuk Anak Inklusi: Memahami Karakteristik dan Mendesain Pelayanan Pembelajaran dengan Baik. CV. Dwiputra Pustaka Jaya.

Putro, S., Suharto, T., & Maslamah. (2020). The Implementation of Education Management at Islamic Inclusive Elementary School at Solo Indonesia. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(7), 6490–6501. https:// ejmcm.com/article_6087.html

Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. PT. RajaGrafindo Persada.

Rasmitadila, & SuryantiTambunan, A. R. (2018). Readiness of General Elementary Schools to Become Inclusive Elementary Schools: A Preliminary Study in Indonesia. International Journal of Special Education, 33(2), 366–381. https:// eric.ed.gov/?id=EJ1185707

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tran, C. V., Pham, M. M., Mai, P. T., Le, T. T., & Nguyen, D. T. (2019). Inclusive Education for Students with Autism Spectrum Disorder in Elementary Schools in Vietnam: The Current Situation and Solutions. International Electronic Journal of Elementary Education, 12(3), 265–273. https://doi.org/10.26822/ieje e.2020358220

Tuncay, A. A., & Kizilaslan, A. (2021). Pre-Service Teachers’ Sentiments, Attitudes and Concerns about Inclusive Education in Turkey. European Journal of Special Needs Education, 1–14. https://doi.org/10.1080/08856257.2021.1873524

Published
2021-06-15
How to Cite
Mardiana, M., & Khoiri, A. (2021). ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 77-90. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a7.2021
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 981 times