PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI DAN BERSAHABAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD/MI
Abstract
Abstrak
Sikap manusia merupakan pengaruh utama bagi perilaku baik dan buruk manusia sehari-hari. Sikap tersebut tidak dimiliki oleh manusia sejak lahir, melainkan harus melakukan pembentukan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembentukan sikap toleransi dan bersahabat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada dua tempat yaitu MI Tarbiyatul Aulad dan SDN Cimandala 03 yang dilakukan pada kelas III. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terdapat pembentukan sikap toleransi dan bersahabat. Dengan terlaksananya program sekolah seperti perayaan hari nasional, pentas seni, dan santunan, serta buku penghubung antara orang tua dan guru, sehingga dapat dijadikan sebagai penguatan terhadap sikap toleransi dan bersahabat yang sudah ditanamkan oleh guru di dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Abstract
Human attitudes are the primary influence of human good and bad behavior every day. Humans do not own this attitude from birth but through formation. This study aimed to describe the formation of tolerant and friendly attitudes in learning Citizenship Education in SD/ MI. This study used descriptive qualitative research through field studies. The instruments in this research were observation, interview, and documentation. Data analysis was carried out using Miles theory, namely data collection, data reduction, data display and conclusion or verification. The research was conducted in two places, namely MI Tarbiyatul Aulad and SDN Cimandala 03, conducted in the third-grade students. Based on the research results, it was found that there was a formation of tolerance and friendly attitudes in Citizenship Education learning. With the implementation of school programs such as national day celebrations, performing arts, compensation and liaison books between parents and teachers, they could reinforce the tolerance and friendship instilled by teachers in Citizenship Education learning.
Downloads
References
Al-Ansori, A. M. (2018). Strategi Pembentukan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar Multikultur dan Dwibahasa SD Pribadi di Kota Bandung. UMBARA Indonesian Journal of Anthropology, 3(2), 105–116. https://doi.org/10.24198/ umbara.v3i2.29325
Dahlan. (2016). Konsep Pembelajaran Aqidah & Akhlak. Deepublish CV Budi Utama.
Dahlan. (2017). Membangun Spiritualitas dan Kemuliaan Sikap (Rekonstruksi Pemahaman Aqidah dan Implikasinya). Samudra Biru.
Idris, M. (2013). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 93–106. https://doi.org/10.24252/ jpf.v1i2.1100
Intan, P. S. A. I. N. P., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Pengaruh Modal Kerja, Jumlah Tujuan Negara, Jumlah Tenaga Kerja, dan Kurs Dollar Amerika terhadap Nilai Ekspor Kerajinan Bali di Pasar Internasional. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4(8), 998–1017. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/ article/view/14821
Mahfiroh, I. F. (2018). Penanaman Nilai Karakter Bersahabat dan Tanggung Jawab melalui Budaya Sekolah di SMP Al Islam Kartasura [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/65246/
Mahpudz, A., Jamaludin, & Palimbong, A. (2019). Tolerance Learning to Develop Students Social Skills in the 21st Century. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 458, 169–178. https://doi.org/10.2991/ assehr.k.200803.022
Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2 a5.2020
Nata, A. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. PT Raja Grafindo Persada.
Pranata, Y. Y., & Barus, G. (2019). Peningkatan Karakter Bersahabat melalui Layanan Bimbingan Kelasikal dengan Pendekatan Experiential Learning. SOLUTION, Jurnal of Counseling and Personal Development, 1(1), 1–14. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/solution/article/view/1990
Purwanto, A., Ichsan, I. Z., Gomes, P. W. P., Rahman, M. M., & Irwandani. (2020). ESBOR During Covid-19: Analysis Students Attitude for Develop 21st Century Environmental Learning. Journal of Sustainability Science and Management, 15(7), 20–29. https://doi.org/10.46754/jssm.2020.10.003
Rahman, A. A. (2018). Psikologi Sosial. Rajawali Pers.
Rahman, M. M. (2019). Secondary School Students Attitude towards Junior School Certificate (JSC) Examination in Bangladesh. International Journal of Education, 11(2), 158–168. https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14746
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Salim, M. (2017). Bhinneka Tunggal Ika sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4866
Shaukat, S., & Pell, A. W. (2020). Religious Tolerance of Madrasa Students According to Their Religious Affiliation: An Empirical Investigation. International Journal of Islam in Asia, 1(1), 67–90. https://doi.org/10.1163/25899996-01010005
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. 8(2), 331–354. http://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2. 757
Sujana, I. W. C. (2019). Funsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. http://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sunarti. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III A di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Purwokerto Barat [Institut Agama Islam Negeri Purwokerto]. http://repository.iain purwokerto.ac.id/5061/1/COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Supardi, U. S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Jurnal Formatif, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif .v2i2.92
Taş, H., & Minaz, M. B. (2019). The Impact of Biography-based Values Education on 4th Grade Elementary School Students’ Attitudes towards Tolerance Value. International Journal of Progressive Education, 15(2), 118–139. https://doi.org/ 10.29329/ijpe.2019.189.9
Tilaar, H. A. R. (2012). 10 Windu Pendidikan Nasional: Arah Ke Mana? Kompas.
Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokrasi Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik, 6(2), 49–60. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article. php? article=1277585&val=16971&title=PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20PBL%20UNTUK%20MENGEMBANGKAN%20KARAKTER%20TOLERANSI%20DAN%20DEMOKRATIS%20SISWA%20PADA%20PELAJARAN%20PKn%20KELAS%20V%20DI%20SD%20NEGERI%20PAYA%20PEUNAGA
Yunida. (2017). Membentuk Sikap Toleransi Anak melalui Peran Orang Tua di Perum Pemda Way Huwi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/2401/1/SKRIPSI_FIX_ YUNIDA.pdf
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. AL GHAZALI, Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/ 101
Copyright (c) 2021 Elis Tsamrotul Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.