PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemcahan masalah matematika dengan melihat prosedur pengembangan dan kualitas instumen tes pemecahan masalah matematika yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D) yaitu pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Model pengembangan perangkat ini dikembangkan berdasarkan model Tessmer yaitu tipe formatif evaluation, yaitu: (1) tahap preliminary, (2) tahap self evaluation, (3) tahap prototyping (expert review, one to one, small group), dan (4) tahap field test. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Model Makassar yang berjumlah 36 orang siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa: (1) instrumen tes pemecahan masalah matematika sudah dikatakan “valid” karena berdasarkan hasil CVR yaitu 1 dan memenuhi kriteria yaitu ≥0,99 dan CVI yaitu 1 dengan kategori sangat sesuait atau berada pada kisaran 0,68-1,00 (2) instrumen tes pemecahan masalah matematika sudah dikatakan reliabel dengan nilai 0,732 dengan kategori tinggi, dan berada pada kisaran 0,60<r11<0,80 (3) instrumen tes pemecahan masalah matematika memiliki tingkat kesukaran yang cukup baik yaitu 60% dari soal memiliki tingkat kesukaran yang baik kemudian rata-rata tingkat kesukaran yang diperoleh adalah 0,58 dengan kategori sedang yaitu berada pada kisaran 0,31-0,70 (4) instrumen tes pemecahan masalah matematika memiliki daya pembeda yang sudah baik 93,34% soal memenuhi kriteria daya pembedan dan rata-rata daya pembeda yang diperoleh adalah 0,35 dengan kategori cukup atau berada pada kisaran Dp>0,2. Dengan demikina instrumen tes pemecahan matematika siswa memiliki kualitas yang baik.
Abstrak:
This study aims to produce a test instrument to measure the ability to solve mathematical problems by looking at the test instrument development procedures and the quality of the instuments of the mathematical problem solving test developed. The type of research used is research and development (R & D) research, namely the development of test instruments to measure the ability to solve mathematical problems. The development model of this device was developed based on Tessmer model that is formative evaluation type, namely: (1) preliminary stage, (2) self evaluation stage, (3) prototyping stage (expert review, one to one, small group), and (4) field test. The subjects of the experiment were VIII students of MTsN 1 Model Makassar which amounted to 36 students Based on the results of experiments conducted, it is found that: (1) math problem solving test instrument has been said "valid" because based on the CVR results are 1 and meet the criteria of ≥0.99 and CVI is 1 with a category sesuait or in the range 0 , 68-1,00 (2) mathematical problem-solving test instrument is said to be reliable with a value of 0.732 with high category, and is in the range of 0.60 <r11 <0.80 (3) Instrument test The math problem solving device has a level of difficulty good cuku that is 60% of the problem has a good level of difficulty then the average level of difficulty obtained is 0.58 with the medium category that is in the range of 0.31 to 0.70. (4) Instrument test Math problem solving device has power a good differentiator 93.34% of the question meets the criteria of the power of pembedan and the average distinguishing power obtained is 0.35 with sufficient category or is in the range Dp> 0.2. With demikina test instrument of mathematical solving students have good quality.
Downloads
References
Adek, P. (2014). Analisis Soal Ujian Nasional Matematika Smp/Mts Yang Didasarkan Pada Tingkat Pemahaman Konsep, Penalaran Dan Pemecahan Masalah; Skripsi, Universitas pendidikan indonesia.
Anggereni, S. (2014) “Mengembangkan Asesmen Kinerja Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium”. Makassar: Alauddin University Press.
Arikunto, S. (2012). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2014). “Evaluasi Pembelajaran Matematika”. Jakarta: Rajawali Press.
Husna, Ikhsan, & Fatimah. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Tink-Pair-Share (TPS). Jurnal Online Pendidikan Matematiak Unsiah Banda Aceh dan UPI Bandung, 1(2).
Imroatun, S. (2014). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga ditinjau Dari Langkah Polya. Jurnal Online Program Studi Matematika Universitas Kristen Wacana.
Lahinda, Y, & Jailani. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Online Pendidikan Matematiak Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1).
Mania, S. (2014). Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin Universiy Press.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogjakarta: Mitra Cendikia Press.
Mustami, K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.
Nursalam. (2012). Pengukuran Dalam Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Purwanto. (2010). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Orhun, N. (2003). Effect of Some Properties 5. Grade Student on the Perfomence of Mathematical Problem Solving. Jurnal Analdo University, Science Faculty, Depatement of Mathematics, Turkey, 6(1).
Rahayu, R., & Kartono. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based on IDEAL Problem Solver. Jurnal semarang State University, 3(10).
Silvia, Evita, Y., Zulkardi & Darmawijoyo. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Uncertainty untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Online Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, 5(1).
Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiman. Y.S., Kumah, & Sabandar. (2009). Pemecahan Masalah Matematika Realistik. Jurnal Online Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D. Bandung:
Copyright (c) 2018 Andi Dian Angriani, Nursalam Nursalam, Nurul Fuadah, Baharuddin Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.