META ANALISIS: PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Fitriani Nur Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian yang digunakan yaitu meta analisis dengan mengumpulkan data non tes, yakni menelusuri terbitan berkala ilmiah atau jurnal melalui google scholar dan DOAJ. Dari hasil penelusuran diperoleh 25 artikel dari jurnal dengan beberapa kriteria, diantaranya: (1) artikel berkaitan dengan pengaruh RME terhadap hasil belajar siswa, (2) penelitian dilakukan dalam kurung waktu 2013-2020, (3) penelitian dilaksanakan jenjang sekolah dasar, (4) penelitian dilakukan di Indonesia, (5) jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control, (6) kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (7) data yang dibutuhkan untuk menentukan effect size lengkap pada artikel. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pendekatan RME efektif digunakan ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Implikasi dari hasil temuan ini memberikan gambaran bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) memiliki kekuatan yang besar dalam meningkatkan hasil belajar matematika sehingga pendekatan tersebut menjadi pilihan yang tepat dalam proses pembelajaran matematika siswa sekolah dasar.

Abstract

This study aimed to analyze the implementation of the Realistic Mathematics Education (RME) approach to students’ mathematics learning outcomes in elementary schools (SD). The research type used was a meta-analysis by collecting non-test data, namely periodical papers or journals through google scholar and DOAJ. The search results obtained 26 articles from journals with several criteria, including: (1) articles related to the effect of RME on students’ learning outcomes, (2) those researches were conducted in 2013-2020 periods, (3) those researches were carried out in elementary school level; (4) those researches were conducted in Indonesia, (5) the method used was experimental research involving two groups, namely experimental group and control group, (6) the control group used a conventional learning model, and (7) data were needed to determine the complete effect size of the articles. The data analysis techniques used in this study were descriptive and inferential statistics. Thus, this study found that the RME approach was effectively used for the students’ mathematics learning outcomes. The implications of this finding indicated that the Realistic Mathematics Education (RME) approach had great power in improving mathematics learning outcomes so that the approach is appropriately used in learning mathematics in elementary school.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fitriani Nur, Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

References

Alim, J. A., Jalinus, & Sari, P. (2014). Pengaruh Pengunaan Media Manik-Manik dalam Tatanan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 48–56. https:// doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2113

Ardiansah, D., Yusmianti, M., & Firdaus, A. R. (2019). Mathematical Learning Motivation of Submission and Reduction of Participants in Primary School Using Realistic Mathematics Education (RME). PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.22460/pej.v3i1.1223

Ariani, D. N., & Batubara, H. H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 41–51. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.767

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics: A Lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681–688. https://ijern.com/journal/2014/Octo ber-2014/54.pdf

Arsyad, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan melalui Penerapan Model Realistics Mathematics Education (RME) Siswa Kelas VI SD Negeri 8 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Edukasi, Sains, dan Teknologi (JEST), 1(1). https://ojs.serambimekkah.ac.id/JE ST/article/view/1846

Azqia, E. A., Muhyani, & Yono. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Prestasi dan Karakter Mandiri Siswa Kelas 3 di SD IT Al-Madinah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.20 527/edumat.v7i1.6095

Budiasih, L., Agung, A. A. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V5I2.10923

Bunga, N., Isrok’atun, & Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441–450. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2973

Gazali, R. K. (2017). Effect Size pada Pengujian Hipotesis. Universitas Sanata Dharma.

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education, 6(22), 2438–2445. https://doi.org/10.4236/ce.2015.622251

Hirza, B., Kusumah, Y. S., Darhim, & Zulkardi. (2014). Improving Intuition Skills with Realistic Mathematics Education. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 5(1), 27–34. https://eric.ed.gov/?id=EJ1079612

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8 i2.454

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 91–100. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piagetdan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508

Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 108–119. https://doi.org/10.17509/jpgsd. v5i2.30023

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24 815/jdm.v4i1.8484

Muncarno, & Astuti, N. (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 103–113. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1356

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. https://doi.org/10.23 887/jisd.v3i2.17775

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 58–71. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71

Petryana, M. W. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/ jpdpb/article/view/18817

Pradipta, M. A., Suadnyana, I. N., & Darsana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V1I1. 1208

Pratomo, W. H., Ysh, S., & Rahmawati, I. (2016). Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Metode Dril terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 141–147. https://doi.org/ 10.23917/ppd.v3i2.3953

Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2018). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Justek: Jurnal Sains & Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/1 0.31764/justek.v1i2.3735

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5 i2.878

Putra, I. M. D., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.2241

Putra, N. T. A., Suarjana, I. M., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Origami terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Desa Les Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.2839

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Parama Publishing.

Riyadi, A., Setiadi, A., & Cahyaningtyas, A. P. (2009). Genius Learningstrategy Magic Formula sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mapel Matematika Materi Bangun Ruang di SD Negeri Kowangbinagun Kalasan. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 4(2), 9–19. https://journal.uny.ac.id/ index.php/pelita/article/view/4255

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Sa’diyah, U. J. M., & Asmahasanah, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kongkret dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di SDIT Kaifa Bogor. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 143–155. https://doi.org/10.21009/JPD.091.013

Safitri, A., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Students Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-1 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 93–100. https://www.noveltyjournals.com/upload/paper/Impact of Indonesian Realistic-959.pdf

Sapta, A., Hamid, A., & Syahputra, E. (2018). Assistance of Parents in the Learning at Home. Journal of Physics: Conference Series, 1114, 1–5. https://doi.org/10.108 8/1742-6596/1114/1/012020

Setiawan, K. A., Renda, N. T., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.2533

Suharti, Latuconsina, N. K., Tasril, Sriyanti, A., & Halimah, A. (2018). The Effect of the Realistic Mathematical Approach Towards the Result of Learning Mathematics Reviewed from the Ability of Numerical Students. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 12170. https://doi.org/10.1088/1742-6596/ 1028/1/012170

Sunarti, Y., Margiati, K. Y., & Utami, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–10. https://jurnal. untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18741

Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 17–27. https://doi. org/10.31764/jtam.v4i1.1786

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. https://doi.org/ 10.29333/iejme/5721

Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory, dan Kinestetik terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175–190. https://doi.org/10.24235/al.ibtida. snj.v5i2.2890

Untari, M. F. A., & Rini, T. P. (2013). Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantu Permainan Tradisional Dhakon terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 22–28. https://doi.org/ 10.26877/malihpeddas.v3i1.618

Widjaja, Y., & Heck, A. (2003). How a Realictic Mathematics Education Approach and Microcomputer-Based Laboratory Workedin Lessons on Graphing at an Indonesian Junior High School. Journal of Science and Mathematics Education in Southest Asia, 26(2), 1–51. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary? doi=10.1.1.523.1830

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Wirama, M., Pudjawan, K., & Dibia, I. K. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Desa Penglatan Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.2436

Yandiana, S. N., & Ariani, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2945–2951. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.796

Yilmaz, R. (2020). Prospective Mathematics Teachers’ Cognitive Competencies on Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17–44. https://eric.ed.gov/?id=EJ1237688

Zubainur, C. M., Veloo, A., & Khalid, R. (2015). The Effect of Using Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) Approach on the Mathematics Achievement Amongst Primary School Students. AIP Conference Proceedings, 1660, 050077. https://doi.org/10.1063/1.4915710

Published
2021-06-23
How to Cite
Nur, F., & Angriani, A. D. (2021). META ANALISIS: PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 109-120. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a9.2021
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 536 times