ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian terdiri dari menganalisis penerapan, kendala, dan strategi pada mata pelajaran bahasa Arab pada keterampilan menyimak dan berbicara di era new normal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI Islamiyah Rejomulyo Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskripstif kualitatif melalui studi lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pembelajaran bahasa Arab kelas III, siswa di kelas III, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian meliputi: (1) adanya ketersediaan bahan ajar, media, model/metode dan pengukuran yang berbasis teknologi informasi, (2) munculnya kendala seperti kesulitan mengorganisasikan siswa, tidak digunakannya media tatap muka dalam keterampilan al-istima’ dan al-kalam, dan lain-lain, dan (3) strategi mengatasi kendala dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih baik, memberikan keleluasaan waktu pembelajaran, dan lain-lain.
Abstract
The research objectives consist of analyzing the application, obstacles, and strategies on listening and speaking skills of Arabic in the new normal era. This research was conducted in class III of MI Islamiyah Rejomulyo, Madiun City. The research method used was descriptive qualitative research through field studies. The subjects in this study were school principals, third-grade Arabic learning teachers, third-grade students, and their parents. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation studies. At the same time, the data analysis technique consisted of stages of data collection, reduction, display, and verification. The study results indicated 1) the availability of teaching materials, media, models/methods, and measurements based on information technology 2) the emergence of obstacles such as difficulties in organizing students, not using face-to-face media in al-istima' and in al-kalam skills, and others. 3) strategies to overcome obstacles were carried out by applying better learning methods, providing flexibility in learning time, and others.
Downloads
References
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81–93. https://doi.org/10.32550/tekn odik.v25i1.785
Asmawati, Asy’ari, & Malkan. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.24239/IJCIED.VOL2.ISS1.10
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7861
Handayani, L. S., & Zulaikhah. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring bagi Guru di Era New Normal. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 176–183. https://doi.org/10.24252/10.24252/ auladuna.v7i2a7.2020
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929
Hikmah, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi di MIN 1 Rembang. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4(2), 73–85. https://doi.org/10.37730/edutr ained.v4i2.81
Huda, K. (2017). Pemanfatan Website (Busuu.com) sebagai Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An Nabighoh, 19(2), 286. https://doi. org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004
Insani, M., Hamdani, W. H., & Sopian, A. (2021). Upaya Meningkatkan Maharah Kalam melalui Kegiatan Intrakulikuler Muhadharah. Jurnal An Nabighoh, 23(1), 51–66. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.2281
Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157–163. https://doi.org/10.24239/jsi. v7i2.98.157-162
Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/ article/view/3537
Kurniawan. (2018). Perhatian Orang Tua terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Smart School Makassar [Universitas Negeri Alaudin Massakar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/ 15210/
Magdalena, I., Mauludyana, B. G., & Gusmawati, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 di SDN Curug Kulon 1. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 326–335. https://doi.org/10.36088/ bintang.v2i2.1056
Maulidina, F. (2021). Peer Teaching Solusi di Tengah Pandemi. Kegiatan Mahasiswa PKIM Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga. https://kegiatan.pkimuin-suka.ac.id/single/peer-teaching-solusi-di-tengah-pandemi-2021-03-2206-24-39
Mufidah, N., Isyaty, I., Kholis, N., & Tahir, S. Z. Bin. (2019). ICT for Arabic Learning: A Blended Learning in Istima’ II. LISANUNA, 8(2), 174. https://doi.org/10.22 373/ls.v8i2.4561
Nopriati. (2021). Penggunaan E-Learning Madrasah di Tengah Pandemi Covid-19. STIT Al-Kifayah Riau. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penggunaan-e-learning-madrasah-ditengah-pandemi-covid-19/
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/ alveoli.v1i1.7
Pea, O., Meishanti, Y., Rahmawati, R. D., & Jannah, R. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab melalui Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Metode Muhadatsah Menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/ 1037
Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi Kasus pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91–108. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a8.2021
Ritonga, M., Kustati, M., Budiarti, M., Lahmi, A., Kurniawan, R., Putri, N., & Yenti, E. (2021). Arabic as Foreign Language Learning in Pandemic Covid-19 as Perceived by Students and Teachers. Linguistics and Culture Review, 5(1), 75–92. https://doi.org/10.21744/LINGCURE.V5N1.726
Rosidi, A., & Nurcahyo, E. (2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penanganan Covid-19 sebagai Pandemi dalam Hukum Positif. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 193–197. https://doi.org/10.12345/jir.v8i1
Syarif, M. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Daring Berbasis Strategi Karrona di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 116–132. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i2.982
Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
Thaariq, Z. Z. A. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika, 18(2), 80–93. https://doi.org/10.20961/teknodika.v18 i2.42181
Tolinggi, S. O. R., & Ramadani, F. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Taqdir, 6(2), 95–116. https://doi.org/ 10.19109/taqdir.v6i2.6428
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Utami, W. A. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) UNNES, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpa sca/article/view/637
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi. v5i1.705
Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, RnD (R. A. Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.
Zaenudin, A. (2021). Kompetensi Awal Peserta Didik dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Madaniyah, 11(1), 33–48. https://journal.stit pemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/167
Zulani, N. N., Mufidah, N., Kholis, N., & Amrulloh, M. A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Wabah Covid-19. Al-Mudarris, 3(1), 39–55. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.384
Copyright (c) 2021 Ryan Eka Rahmawati, Syafi 'i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.