ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

  • Ryan Eka Rahmawati "UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Syafi'i Syafi'i UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian terdiri dari menganalisis penerapan, kendala, dan strategi pada mata pelajaran bahasa Arab pada keterampilan menyimak dan berbicara di era new normal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI Islamiyah Rejomulyo Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskripstif kualitatif melalui studi lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pembelajaran bahasa Arab kelas III, siswa di kelas III, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian meliputi: (1) adanya ketersediaan bahan ajar, media, model/metode dan pengukuran yang berbasis teknologi informasi, (2) munculnya kendala seperti kesulitan mengorganisasikan siswa, tidak digunakannya media tatap muka dalam keterampilan al-istima’ dan al-kalam, dan lain-lain, dan (3) strategi mengatasi kendala dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih baik, memberikan keleluasaan waktu pembelajaran, dan lain-lain.

Abstract

The research objectives consist of analyzing the application, obstacles, and strategies on listening and speaking skills of Arabic in the new normal era. This research was conducted in class III of MI Islamiyah Rejomulyo, Madiun City. The research method used was descriptive qualitative research through field studies. The subjects in this study were school principals, third-grade Arabic learning teachers, third-grade students, and their parents. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation studies. At the same time, the data analysis technique consisted of stages of data collection, reduction, display, and verification. The study results indicated 1) the availability of teaching materials, media, models/methods, and measurements based on information technology 2) the emergence of obstacles such as difficulties in organizing students, not using face-to-face media in al-istima' and in al-kalam skills, and others. 3) strategies to overcome obstacles were carried out by applying better learning methods, providing flexibility in learning time, and others.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81–93. https://doi.org/10.32550/tekn odik.v25i1.785

Asmawati, Asy’ari, & Malkan. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.24239/IJCIED.VOL2.ISS1.10

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7861

Handayani, L. S., & Zulaikhah. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring bagi Guru di Era New Normal. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 176–183. https://doi.org/10.24252/10.24252/ auladuna.v7i2a7.2020

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Hikmah, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi di MIN 1 Rembang. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4(2), 73–85. https://doi.org/10.37730/edutr ained.v4i2.81

Huda, K. (2017). Pemanfatan Website (Busuu.com) sebagai Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An Nabighoh, 19(2), 286. https://doi. org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1004

Insani, M., Hamdani, W. H., & Sopian, A. (2021). Upaya Meningkatkan Maharah Kalam melalui Kegiatan Intrakulikuler Muhadharah. Jurnal An Nabighoh, 23(1), 51–66. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.2281

Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157–163. https://doi.org/10.24239/jsi. v7i2.98.157-162

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/ article/view/3537

Kurniawan. (2018). Perhatian Orang Tua terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Smart School Makassar [Universitas Negeri Alaudin Massakar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/ 15210/

Magdalena, I., Mauludyana, B. G., & Gusmawati, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 di SDN Curug Kulon 1. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 326–335. https://doi.org/10.36088/ bintang.v2i2.1056

Maulidina, F. (2021). Peer Teaching Solusi di Tengah Pandemi. Kegiatan Mahasiswa PKIM Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga. https://kegiatan.pkimuin-suka.ac.id/single/peer-teaching-solusi-di-tengah-pandemi-2021-03-2206-24-39

Mufidah, N., Isyaty, I., Kholis, N., & Tahir, S. Z. Bin. (2019). ICT for Arabic Learning: A Blended Learning in Istima’ II. LISANUNA, 8(2), 174. https://doi.org/10.22 373/ls.v8i2.4561

Nopriati. (2021). Penggunaan E-Learning Madrasah di Tengah Pandemi Covid-19. STIT Al-Kifayah Riau. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penggunaan-e-learning-madrasah-ditengah-pandemi-covid-19/

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/ alveoli.v1i1.7

Pea, O., Meishanti, Y., Rahmawati, R. D., & Jannah, R. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab melalui Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Metode Muhadatsah Menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/ 1037

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi Kasus pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91–108. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a8.2021

Ritonga, M., Kustati, M., Budiarti, M., Lahmi, A., Kurniawan, R., Putri, N., & Yenti, E. (2021). Arabic as Foreign Language Learning in Pandemic Covid-19 as Perceived by Students and Teachers. Linguistics and Culture Review, 5(1), 75–92. https://doi.org/10.21744/LINGCURE.V5N1.726

Rosidi, A., & Nurcahyo, E. (2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penanganan Covid-19 sebagai Pandemi dalam Hukum Positif. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 193–197. https://doi.org/10.12345/jir.v8i1

Syarif, M. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Daring Berbasis Strategi Karrona di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 116–132. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i2.982

Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Thaariq, Z. Z. A. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika, 18(2), 80–93. https://doi.org/10.20961/teknodika.v18 i2.42181

Tolinggi, S. O. R., & Ramadani, F. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Taqdir, 6(2), 95–116. https://doi.org/ 10.19109/taqdir.v6i2.6428

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Utami, W. A. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) UNNES, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpa sca/article/view/637

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi. v5i1.705

Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, RnD (R. A. Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.

Zaenudin, A. (2021). Kompetensi Awal Peserta Didik dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Madaniyah, 11(1), 33–48. https://journal.stit pemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/167

Zulani, N. N., Mufidah, N., Kholis, N., & Amrulloh, M. A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Wabah Covid-19. Al-Mudarris, 3(1), 39–55. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.384

Published
2021-12-27
How to Cite
Rahmawati, R. E., & Syafi’i, S. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 180-201. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a6.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 1309 times