PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

  • Alif Lutfi Ghozali Universitas Muhammadiyah Surakarta
    (ID)
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta
    (ID)
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta
    (ID)
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak

Dampak dari pandemi dalam dunia pendidikan adalah perubahan pola pembelajaran dari luring menjadi daring. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembentukan karakter disiplin peserta didik selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa program pembentukan karakter disiplin peserta didik selama pembelajaran daring dilakukan dengan empat tahap. Tahap pertama adalah perencanaan, pada tahap ini guru membuat RPP dengan mengintegraksikan nilai disiplin pada setiap langkahnya. Tahap kedua adalah pelaksanaan, yakni guru memulai pelajaran sesuai dengan RPP dengan media whatsapp grup, youtube, dan video call. Tahap ketiga adalah evaluasi. Evaluasi dilaksanakan guru dengan tiga teknik, yakni teknik pengamatan, teknik konsultasi wali murid, dan teknik buku kontrol peserta didik. Tahap keempat adalah tindak lanjut, pada tahap ini guru melakukan bimbingan konseling secara private dengan media video call untuk memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi pada peserta didik.

Abstract

The impact of the pandemic on education is the change of the learning system from offline to online. This article aims to describe the discipline character-building of students during online learning. The method used was qualitative research. The research's data collection techniques were through observation, interviews, and documentation. This research used technical and source triangulations to validate the data. The analysis data employed data reduction, presentation, and conclusion. The research results indicated that the discipline character-building of students during online learning was carried out in four steps. The first step was planning. At this step, the teacher made lesson plans by integrating the discipline value in each stage of learning. The second step was implementation. The teacher started the lesson based on the lesson plan through whatsapp group, youtube, and video calls. The third was evaluation. The teacher carried out the evaluation using three techniques, namely observation, parenting, and student control book techniques. The fourth step was a follow-up. At this step, teachers did private counseling using video calls and gave students guidance, direction, and motivation.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., Qamar, T., & Abbasi, N. N. (2021). Intrinsic or Extrinsic Discipline: Case Study of Public Secondary Schools in Punjab, Pakistan. Pakistan Journal of Educational Research, 4(1), 162–177. https://doi.org/10.52337/PJER.V4I1.147

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.24014/KJIECE.V3I1.9609

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Bajri, N. S., Oktaviani, H., Luzyawati, L., Eka, L., & Nurfebriani, I. (2021). Student's Discipline in Biology Online Learning in SMA Negeri 1 Sindang. Report of Biological Education, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.37150/REBION.V2I1.1157

Hermanto, Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Membentuk Karakter Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.24252/AULADUNA. V6I1A1.2019

Iskandar, R. (2020). Penggunaan Group Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik DTA AT-Tawakal Kota Bandung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 97–101. https://doi.org/10.22460/COM M-EDU.V3I2.3778

Jannah, N., & Supriyanto. (2021). Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 604–618. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/vi ew/39643

Magdalena, I., Oktavia, A., Ismawati, S., & Alia, F. (2021). Penggunaan Evaluasi Non Tes dan Hambatannya dalam Pembelajaran di SDS Sari Putra Jakarta Barat. PENSA, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.36088/PENSA.V3I1.1156

Mu’minah, I. H., & Sugandi, M. K. (2021). Application WhatsApp as a Learning Media in Pandemic Covid-19. Jurnal Bio Educatio, 6(1), 68–81. https://doi.org/10.31 949/BE.V6I1.3032

Mustaqim, M. (2015). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi pada Pembelajaran di Pendidikan Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1), 157–170. https://doi.org/10.21043/ELEMENTARY.V3I1.1448

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum dan Metode pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/10.24252/AULADUNA.V7I2A5. 2020

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179–1186. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I4.754

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Parental Engagement in Children's Online Learning During Covid-19 Pandemic. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 3(2), 117–131. https://doi.org/10.33578/JTLEE.V3I2.7845

Obadire, O. T., & Sinthumule, D. A. (2021). Learner Discipline in the Post-Corporal Punishment Era: What an Experience!. South African Journal of Education, 41(2), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v41n2a1862

Purandina, Y. I. P., & Winaya, A. I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/CETTA.V3 I2.454

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109–118. https://doi.org/ 10.30651/ELSE.V4I1.4071

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the Covid-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/EJECS/388

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/ESJURNAL.V7I2.768

Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pemberian Reward dan Punishment di SD Unggulan Uswatun Hasanah. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(1), 1–16. https://doi.org/ 10.32507/ATTADIB.V3I1.456

Sudarmo, & Muslimah. (2020). Teacher's Leadhership Competency in Managing Online Instruction during the Pandemic Disruption in Indonesia. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 430–445. https://doi.org/10.31538/ NDH.V5I3.1018

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/10.23887/MI.V24I2.21279

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/ 10.24042/AJIPAUD.V3I2.7315

Widagdo, W., Nurdyansyah, & Faujiyah, Y. (2020). Implementation of Character Education Through Coaching Discipline of Students. Proceedings of The ICECRS, 5, 1–8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020407

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. https://doi. org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yuningsih, L. A., Nurjaya, I. G., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1), 152–161. https://doi. org/10.23887/JJPBS.V9I1.20754

Zakaria, & Maulida, U. (2021). Penanaman Karakter Gemar Membaca melalui One Day One Dongeng pada Masa pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 66–76. https://doi.org/10.24252/AULADUNA.V8I1A6.2021

Published
2021-12-28
How to Cite
Ghozali, A. L., Sumardjoko, B., Fathoni, A., & Rahmawati, L. E. (2021). PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 216-231. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a8.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 441 times