INTERNALISASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI SEKOLAH DASAR NEGERI

  • Purniadi Putra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)
  • Suhartini Suhartini Alumni Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)
  • Arnadi Arnadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)

Abstract

Abstrak

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak hanya mampu menghadirkan sejumlah kemudahan, tetapi juga mengundang sejumlah kekhawatiran seperti kekerasan dan perilaku tercela. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menginternalisasi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa di SDN 1 Tempunak Kabupaten Sintang, Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 1 Tempurak yang berada Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Sumber data primer yang digunakan meliputi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), perwakilan kurikulum, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan sumber bukti ganda (triangulasi data), reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil temuan penelitian diantaranya guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter menggunakan metode keteladanan yang diberikan secara tidak langsung kepada siswa yang akan menirukan dirinya, membuat komitmen guru dan orang tua, dan melengkapi fasilitas pendukung. Implikasi dari temuan penelitian ini adalahnya terbentuknya karakter religius, toleransi, dan disiplin yang diterapkan pada anak sekolah dasar.

Abstract

Science and technology provide not only many easiness but also cause several concerns such as violence and despicable behavior. The purpose of this study is to describe the efforts of Islamic education teachers in internalizing cultural values and national character at SDN 1 Tempunak, Sintang Regency. The method used was qualitative descriptive research. The location of this research was SDN 1 Tempurak, Sintang Regency, West Kalimantan. Primary data sources used included Islamic education teachers, curriculum representatives, principals, and parents of students. Data collection techniques were through observation, interviews, and documentation. Data collection techniques used were multiple sources of evidence (data triangulation), data reduction, data presentation, conclusion, and verification. The research findings indicated that PAI (Islamic education) teachers internalized character values using exemplary methods given indirectly to students who would imitate themselves, made teacher and parent commitments, and completed supporting facilities. The implication of the findings of this study was the formation of a religious character, tolerance, and discipline applied to elementary school students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, E. T. (2021). Pembentukan Sikap Toleransi dan Bersahabat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.24252/AULADUNA.V8I1A4.2021

Asmuki. (2018). Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Muhammadiyah Karangasem Bali. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 84–100. https://doi.org/10.35309/ALINSYIR OH.V2I2.3323

Assegaf, A. R. (2012). Filsafat Pendidikan Islam Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integral-Interkonektif. PT Raja Grafindo Persada.

Irfan, A. Z., & Iman, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Sikap Tangguh pada Siswa MTS Darusshiddiqien NW Mertak Paok Tahun Pelajaran 2019/2020. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(1), 1–11. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/ transformasi/article/view/2976

Marini, A. (2017). Character Building through Teaching Learning Process: Lesson in Indonesia. PONTE International Scientific Researchs Journal, 73(5), 177–182. https://doi.org/10.21506/J.PONTE.2017.5.43

Marini, A., Safitri, D., Nuraini, S., Rihatno, T., Satibi, O., & Wahyudi, A. (2020). Applying Model of Mobile Web Based on Character Building in Teaching Learning Process to Improve Student Character. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 1121–1124. http://sersc.org/journals/ index.php/IJAST/article/view/11737

Mbagho, F. I., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 116–130. https://jurnal.stituwjom bang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/260

Mulkeis. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Tadzkirah Berbasis Masalah di Kelas VII-7 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 185–206. https://doi.org/10.24952/FITRAH.V4I1.943

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42. https://doi.org/10.37348/CENDEKIA. V5I1.63

Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 147–156. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V9I2.14

Putra, P. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Integrasi Lagu Melayu Sambas dalam Pembelajaran pada MIN Kabupaten Sambas. Sosial Budaya, 16(2), 83–92. https://doi.org/10.24014/SB.V16I2.6942

Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309–322. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/ JPM/article/view/1218

Taklimudin, & Saputra, F. (2018). Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–22. https://doi.org/ 10.29240/BJPI.V3I1.383

Yunarti, Y. (2016). Pengembangan Pendidikan Soft Skill dalam Pembelajaran Statistik. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 149–168. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/491

Zubaedi. (2011). Desain Pendiidkan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Published
2021-12-29
How to Cite
Putra, P., Suhartini, S., & Arnadi, A. (2021). INTERNALISASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DI SEKOLAH DASAR NEGERI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 232-241. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a9.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 204 times