STUDI EKSPLORATIF PERILAKU BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Ilham Institut Agama Islam Negeri Kendari
    (ID)
  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorotalo
    (ID)
  • R Raehang IAIN Kendari
    (ID)
  • Selin Titania IAIN Kendari
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku belajar siswa kelas V SDN 92 Kendari dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa sangat beragam. Sebagian siswa menunjukkan perilaku baik saat di kelas seperti mendengarkan guru dengan antusias, disiplin mengerjakan tugas yang diberikan, disiplin terhadap waktu dan tidak mengganggu teman saat belajar. Terdapat pula siswa berperilaku kurang baik seperti sering keluar masuk ruangan, mengabaikan instruksi guru, dan melanggar peraturan kelas. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan perilaku belajar positif siswa kelas V SD Negeri 92 Kendari yaitu melakukan variasi dalam pembelajaran, aktif memberikan nasehat kepada siswa, dan memberikan hukuman kepada siswa berupa tugas tambahan.

Abstract

This research aims to examine the learning behavior of the fifth-grade students at SDN 92 Kendari and the teachers' efforts to improve their learning behavior. This study used a qualitative descriptive method. The procedure of collecting data was through interviews, observations, and documentation. Then, the data were analyzed employing data reduction, presentation, and conclusion. The triangulation techniques and sources were used to check the validity of the data. The results indicated that students' learning behavior was very diverse. Several students showed good behavior in class, such as listening to the teacher enthusiastically, being disciplined in doing the assigned tasks, being disciplined about time, and not disturbing friends while studying. However, some students behaved poorly, such as frequently going in and out of the room, ignoring the teachers' instructions, and violating class rules. Efforts made by the teachers to improve the learning behavior of the fifth-grade students at SD Negeri 92 Kendari were doing variations in learning, actively advising students, and giving punishment to students in the form of additional assignments.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (1st ed.). Alfabeta.

Anam, K., & Yahya, M. S. (2021). Inovasi Guru dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 8–15. https://doi.org/ 10.36312/jisip.v5i3.2090

Andriyani, W., & Suryani, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 218–228. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13487

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/ didaktika.v12i2.181

Cica, M., Chotimah, U., & Waluyati, S. A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Variasi Gaya Mengajar pada Mata Pelajaran PPKn. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 6(2), 232–237. https://doi.org/10.36706/ jbti.v6i2.8800

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7861

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790

Gunawan, I. K. G. W., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas VIII 10 SMP Negeri 2 Singaraja. E-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 1689–1699. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11278

Hidayah, U. (2020). The Role of the Teacher in Shapeing Student Learning Behavior in Arabic Learning. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 178–186. https://doi.org/10.47006/IJIERM.V2 I3.42

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956

Khausar. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru yang Bervariasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. Jurnal Genta Mulia, 5(2), 72–85. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/67

Mardiana, N. (2012). Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/435

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178

Rahayu, S., Salim, I., & Amrazi, Z. (2015). Peranan Guru dalam Membina Perilaku Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp b/article/view/23514

Rahmawati, P. N., & Hasanah, E. (2021). Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Pembuatan Materi Guru pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 113–124. https://doi.org/10.17509/jap.v28i1.30009

Rauf, A., Suarman, S., & Kartikowati, S. (2020). The Influence of Emotional Intelligence and Student Learning Behavior through Student Motivation on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(4), 881–889. https://doi.org/10.31258/JES.4.4.P.881-889

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar dan Komunikasi Interpersonal Guru sebagai Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153. https://doi.org/10.17509/ jpm.v1i1.3258

Santosa, D. S. S. (2017). Peningkatan Antusiasme dan Kedalaman Kajian Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasi Silabus Individual. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat II Univerisitas PGRI Roggowale Tuban, 2(1), 139–144. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/ SNasPPM/article/view/97

Soffatunni’mah, E., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa di Man 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 447–458. https://journal.unnes.ac.id/sju/index. php/eeaj/article/view/16435

Sulthon. (2015). Konsep Guru yang Menginspirasi dan Demokratif. Elementary, 3(1), 164–134. https://doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1446

Widiyani, D. T. (2021). Indikator Pembelajaran Efektif dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Bondowoso. http://repository.unmuhjember.ac.id/11232/

Published
2021-12-28
How to Cite
Ilham, M., Hardiyanti, W. E., Raehang, R., & Titania, S. (2021). STUDI EKSPLORATIF PERILAKU BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 202-215. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a7.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 569 times