STUDI EKSPLORATIF PERILAKU BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku belajar siswa kelas V SDN 92 Kendari dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku belajar siswa. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa sangat beragam. Sebagian siswa menunjukkan perilaku baik saat di kelas seperti mendengarkan guru dengan antusias, disiplin mengerjakan tugas yang diberikan, disiplin terhadap waktu dan tidak mengganggu teman saat belajar. Terdapat pula siswa berperilaku kurang baik seperti sering keluar masuk ruangan, mengabaikan instruksi guru, dan melanggar peraturan kelas. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan perilaku belajar positif siswa kelas V SD Negeri 92 Kendari yaitu melakukan variasi dalam pembelajaran, aktif memberikan nasehat kepada siswa, dan memberikan hukuman kepada siswa berupa tugas tambahan.
Abstract
This research aims to examine the learning behavior of the fifth-grade students at SDN 92 Kendari and the teachers' efforts to improve their learning behavior. This study used a qualitative descriptive method. The procedure of collecting data was through interviews, observations, and documentation. Then, the data were analyzed employing data reduction, presentation, and conclusion. The triangulation techniques and sources were used to check the validity of the data. The results indicated that students' learning behavior was very diverse. Several students showed good behavior in class, such as listening to the teacher enthusiastically, being disciplined in doing the assigned tasks, being disciplined about time, and not disturbing friends while studying. However, some students behaved poorly, such as frequently going in and out of the room, ignoring the teachers' instructions, and violating class rules. Efforts made by the teachers to improve the learning behavior of the fifth-grade students at SD Negeri 92 Kendari were doing variations in learning, actively advising students, and giving punishment to students in the form of additional assignments.
Downloads
References
Afandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (1st ed.). Alfabeta.
Anam, K., & Yahya, M. S. (2021). Inovasi Guru dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 8–15. https://doi.org/ 10.36312/jisip.v5i3.2090
Andriyani, W., & Suryani, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 218–228. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13487
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/ didaktika.v12i2.181
Cica, M., Chotimah, U., & Waluyati, S. A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Variasi Gaya Mengajar pada Mata Pelajaran PPKn. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 6(2), 232–237. https://doi.org/10.36706/ jbti.v6i2.8800
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7861
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790
Gunawan, I. K. G. W., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas VIII 10 SMP Negeri 2 Singaraja. E-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 1689–1699. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11278
Hidayah, U. (2020). The Role of the Teacher in Shapeing Student Learning Behavior in Arabic Learning. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 178–186. https://doi.org/10.47006/IJIERM.V2 I3.42
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956
Khausar. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru yang Bervariasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. Jurnal Genta Mulia, 5(2), 72–85. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/67
Mardiana, N. (2012). Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/435
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178
Rahayu, S., Salim, I., & Amrazi, Z. (2015). Peranan Guru dalam Membina Perilaku Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp b/article/view/23514
Rahmawati, P. N., & Hasanah, E. (2021). Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Pembuatan Materi Guru pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 113–124. https://doi.org/10.17509/jap.v28i1.30009
Rauf, A., Suarman, S., & Kartikowati, S. (2020). The Influence of Emotional Intelligence and Student Learning Behavior through Student Motivation on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(4), 881–889. https://doi.org/10.31258/JES.4.4.P.881-889
Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar dan Komunikasi Interpersonal Guru sebagai Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153. https://doi.org/10.17509/ jpm.v1i1.3258
Santosa, D. S. S. (2017). Peningkatan Antusiasme dan Kedalaman Kajian Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasi Silabus Individual. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat II Univerisitas PGRI Roggowale Tuban, 2(1), 139–144. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/ SNasPPM/article/view/97
Soffatunni’mah, E., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa di Man 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 447–458. https://journal.unnes.ac.id/sju/index. php/eeaj/article/view/16435
Sulthon. (2015). Konsep Guru yang Menginspirasi dan Demokratif. Elementary, 3(1), 164–134. https://doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1446
Widiyani, D. T. (2021). Indikator Pembelajaran Efektif dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Bondowoso. http://repository.unmuhjember.ac.id/11232/
Copyright (c) 2021 Muhammad Ilham, Waode Eti Hardiyanti, R Raehang, Selin Titania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.