KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIK-MANIK WARNA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik kelas VI sebelum menggunakan media pembelajaran manik-manik warna, (2) kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik kelas VI setelah menggunakan media pembelajaran manik-manik warna, dan (3) perbedaan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas VI SD Negeri 151 Timbula Kec. Bontotiro Kab. Bulukumba sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran manik-manik warna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen dengan pre-experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 151 Timbula Kec. Bonto Tiro Kab. Bulukumba yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata nilai kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran manik- manik warna sebesar 29.57, (2) nilai rata-rata setelah diajar menggunakan media manik-manik warna sebesar 77,83, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran manik-manik warna. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran manik-manik warna dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat.
Abstract
The purpose of this study was to describe: (1) the ability to operate integer counting of class VI students before using color beads learning media, (2) the ability to operate integer counting of class VI students after using the color beads learning media, and (3) the difference in the operating ability of integer counting in class VI of SD 151 Timbula Kec. Bontotiro Kab. Bulukumba before and after using color beads media. The method used was experimental research with a pre-experimental design. The sample was selected using the saturated technique. The sample of this study was all students of class VI of SD 151Timbula Kec. Bonto Tiro Kab. Bulukumba with a total number of 23 students. The instruments used were tests and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistics. The results showed that: (1) the average value of the integer count operation ability of students before being taught using the color beads learning media was 29.57, (2) the average value after being taught using color beads media was 77.83, and (3) there were differences in the ability to operate integer count operations of students before and after being taught using color. From this study, it could be concluded that the use of color beads learning media could improve the ability of integer arithmetic operations.
Downloads
References
Abdurahman, M., & Nufus, H. (2014). Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Anak Tunagrahita Ringan dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Pend Luar Biasa. http://file.upi.edu/ Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031-MAMAN_ABD URAHMAN_SAEPUL_R/ARTIKELJURNAL_9_MAMAN.pdf
Agustina, L., Zaenuri, & Wardono. (2021). Description of Students’ Mathematical Concept Understanding Ability, in Terms of Initial Mathematical Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042109. https://doi.org/10.1088/ 1742-6596/1918/4/042109
Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1706–1717. https://ejournal. unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24544
Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. JURNAL E-DuMath, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.52 657/JE.V1I1.82
Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3), 1–7. https://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/3/article/view/3886
Basir, F., & Karmila. (2016). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 514–521. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/473/408
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Departemen Pendidikan Nasonal RI.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Heflina. (2015). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Media Manik-Manik bagi Anak Tunanetra Kelas D-4 SLB Tunanetra Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(2), 28–39. https://doi.org/ 10.24036/JUPE50580.64
Istiqomah. (2017). Implementasi Penggunaan Media Manik-Manik Warna dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan [IAIN Pekalongan]. http://perpus takaan.iainpekalogan.ac.id/
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/AX IOM.V7I1.1778
Kemendikbud. (2016). Hakikat, Fungsi, Manfaat Media, dan Sumber Belajar. Kemendikbud. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/29291/mod_res ource/content/5/Hakikat%2C Fungsi dan Manfaat Media.pdf
Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/10.24252/10.24252/AULADUNA.V7I2A10.2020
Mulyani, N. M. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266–274. https://doi.org/10.23887/ JISD.V2I3.16142
Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of Students’ Understanding of Mathematical Concept with STAD Type Cooperative Learning through Student Worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035
Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving Students’ Understanding of Mathematical Concept Using Maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012034
Putri, R. I. I. (2011). Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.22342/JPM.5.1.823
Rejeki, S. (2015). Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/MES.V2I1.117
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta.
Triyatmiko, F. (2013). Peningkatan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Media Manikmanik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Degan 01 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://onesearch.id/Record/IOS2728. 25247
Copyright (c) 2021 Siska, Safei, Sri Sulasteri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.