KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIK-MANIK WARNA

  • Siska Siska Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Safei Safei Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Scopus ID: 57205057121, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik kelas VI sebelum menggunakan media pembelajaran manik-manik warna, (2) kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik kelas VI setelah menggunakan media pembelajaran manik-manik warna, dan (3) perbedaan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas VI SD Negeri 151 Timbula Kec. Bontotiro Kab. Bulukumba sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran manik-manik warna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen dengan pre-experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 151 Timbula Kec. Bonto Tiro Kab. Bulukumba yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata nilai kemampuan operasi hitung bilangan bulat peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran manik- manik warna sebesar 29.57, (2) nilai rata-rata setelah diajar menggunakan media manik-manik warna sebesar 77,83, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran manik-manik warna. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran manik-manik warna dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat.

Abstract

The purpose of this study was to describe: (1) the ability to operate integer counting of class VI students before using color beads learning media, (2) the ability to operate integer counting of class VI students after using the color beads learning media, and (3) the difference in the operating ability of integer counting in class VI of SD 151 Timbula Kec. Bontotiro Kab. Bulukumba before and after using color beads media. The method used was experimental research with a pre-experimental design. The sample was selected using the saturated technique. The sample of this study was all students of class VI of SD 151Timbula Kec. Bonto Tiro Kab. Bulukumba with a total number of 23 students. The instruments used were tests and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistics. The results showed that: (1) the average value of the integer count operation ability of students before being taught using the color beads learning media was 29.57, (2) the average value after being taught using color beads media was 77.83, and (3) there were differences in the ability to operate integer count operations of students before and after being taught using color. From this study, it could be concluded that the use of color beads learning media could improve the ability of integer arithmetic operations.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Sulasteri, Scopus ID: 57205057121, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=4KHVQsYAAAAJ&hl=en

 

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6118340&view=overview

DECRIPTION

I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Matematika, Universitas Hasanuddin
  • Master Statistika, Institut Teknologi Bandung

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2005 - sekarang
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
  • Sekretaris Jurusan/Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Alauddin Makassar, 2015 - Sekarang

References

Abdurahman, M., & Nufus, H. (2014). Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Anak Tunagrahita Ringan dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Pend Luar Biasa. http://file.upi.edu/ Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031-MAMAN_ABD URAHMAN_SAEPUL_R/ARTIKELJURNAL_9_MAMAN.pdf

Agustina, L., Zaenuri, & Wardono. (2021). Description of Students’ Mathematical Concept Understanding Ability, in Terms of Initial Mathematical Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042109. https://doi.org/10.1088/ 1742-6596/1918/4/042109

Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1706–1717. https://ejournal. unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24544

Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. JURNAL E-DuMath, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.52 657/JE.V1I1.82

Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3), 1–7. https://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/3/article/view/3886

Basir, F., & Karmila. (2016). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 514–521. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/473/408

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Departemen Pendidikan Nasonal RI.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Heflina. (2015). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Media Manik-Manik bagi Anak Tunanetra Kelas D-4 SLB Tunanetra Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(2), 28–39. https://doi.org/ 10.24036/JUPE50580.64

Istiqomah. (2017). Implementasi Penggunaan Media Manik-Manik Warna dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas IV MIS Bumirejo Kota Pekalongan [IAIN Pekalongan]. http://perpus takaan.iainpekalogan.ac.id/

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/AX IOM.V7I1.1778

Kemendikbud. (2016). Hakikat, Fungsi, Manfaat Media, dan Sumber Belajar. Kemendikbud. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/29291/mod_res ource/content/5/Hakikat%2C Fungsi dan Manfaat Media.pdf

Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/10.24252/10.24252/AULADUNA.V7I2A10.2020

Mulyani, N. M. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266–274. https://doi.org/10.23887/ JISD.V2I3.16142

Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of Students’ Understanding of Mathematical Concept with STAD Type Cooperative Learning through Student Worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035

Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving Students’ Understanding of Mathematical Concept Using Maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012034

Putri, R. I. I. (2011). Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.22342/JPM.5.1.823

Rejeki, S. (2015). Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/MES.V2I1.117

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta.

Triyatmiko, F. (2013). Peningkatan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Media Manikmanik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Degan 01 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://onesearch.id/Record/IOS2728. 25247

Published
2021-12-29
How to Cite
Siska, S., Safei, S., & Sulasteri, S. (2021). KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIK-MANIK WARNA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 242-253. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a10.2021
Section
Vol. 8 No. 2
Abstract viewed = 2250 times