STUDENTS' CRITICAL AND CREATIVE THINKING SKILLS ON MATHEMATICS LEARNING IN MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Ahmad Arifuddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika di MI Kota Cirebon, kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif (mix methods). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu menyusun dengan cara mendiskripsikan, menafsirkan data, dan menyajikan data serta menarik kesimpulan dari semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan masih tergolong rendah, yakni sebesar 50.07. Sementara itu, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pecahan juga tergolong sangat rendah, yakni sebesar 26.88. Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa diantaranya adalah minat siswa dalam belajar matematika masih rendah, penguasaan konsep dasar matematika siswa rendah, dan dukungan orang tua juga masih rendah. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa adalah dengan menumbukan minat siswa dalam belajar matematika, melakukan pengayaan terhadap konsep dasar matematika yang belum dipahami serta menggunakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan.


Abstract

This study aimed to describing of students’ critical and creative thinking abilities in mathematics learning in Islamic Primary Schools Cirebon City, the obstacles faced by teachers in improving students' critical and creative thinking skills and the efforts made by teachers in overcoming these obstacles. This research was quantitative and qualitative research (mix methods). The data collection techniques used were test techniques, interviews, and documentation. While the research data was analyzed by using descriptive analytical techniques, namely compiling by describing, interpreting data, and presenting data and drawing conclusions from all things which became the focus of the research. The results of this study indicated that the average critical thinking ability of students in fraction material is still relatively low, which was equal to 50.07. Meanwhile, the average of students creative thinking ability in the fraction material was also very low, which was equal to 26.88. Constraints faced by the teachers in developing students' critical and creative thinking skills include student interest in learning mathematics was still low, mastery of students' basic mathematical concepts was low, and parents' support was also still low. The efforts made by the teacher in developing students' critical and creative thinking skills were by fostering students' interest in learning mathematics, enriching the basic concepts of mathematics that have not been understood and using learning media that were appropriate to the characteristics of the material presented.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alameddine, M. M., & Ahwal, H. W. (2016). Inquiry Based Teaching in Literature Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 332–337. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/309341958_Inquiry_Based_Teaching_in_Literature_Classrooms

Arisanti, W. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD melalui Project Based Learning. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 82–96. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/5125

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 26(1), 14–22. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1323

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194–202. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/35

Damayani, A. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Kubus SMP 2 Kaliwungu. Universitas Negeri Semarang.

Ennis, R. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. In Sixth International Conference on Thinking at MIT (pp. 1–8). Cambridge: MA. Retrieved from https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf?sfvrsn=7bb51288_2

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2663

Herman, T. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 47–56. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1-Januari_2007/6._Tatang_Herman.pdf

Ismaimuza, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi, 63(2), 33–37. Retrieved from https://jurnalteknologi.utm.my/index.php/jurnalteknologi/article/view/2002/1564

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 21–32. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf

Kitot, A. K., Ahmad, A. R., & Seman, A. A. (2010). The Effectiveness of Inquiry Teaching in Enhancing Students’ Critical Thinking. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 264–273. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810020410

Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 47–56). Surakarta. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/article/view/10792

M., B. A., & Rohaeti, E. E. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif & Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 166–172. Retrieved from http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/457

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Arizona: SAGE.

Permendiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasonal RI.

Rifqiyana, L., Masrukan, & Susilo, B. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. UNNES Journal of Mathematics Education, 5(1), 40–46. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/8608

Rochmad. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang. Retrieved from https://www.academia.edu/6342762/KETERAMPILAN_BERPIKIR_KRITIS_DAN_KREATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA?auto=download

Santrock, J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyawati, R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berorientasi Entrepreneurship dan Berbantuan CD Interaktif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Semarang.

Simarmata, R., & Mukhtar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Swasta Chandra Kusuma Deli Serdang. Jurnal Pelangi Pendidikan, 22(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelangi/article/view/6215

Sudiarta, I. G. (2007). Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis, dan Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 1004–1024. Retrieved from http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/346

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiantari, N., Suarjana, I. M., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dalam Pembelajaran Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7348

Wingkel. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Zulaikha, S., & Khair, U. (2016). Respon Pihak Sekolah terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Prodi PGMI STAIN CURUP TA 2014/2015. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 162–185. Retrieved from https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/583

Published
2019-06-26
How to Cite
Arifuddin, A. (2019). STUDENTS’ CRITICAL AND CREATIVE THINKING SKILLS ON MATHEMATICS LEARNING IN MADRASAH IBTIDAIYAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 38-49. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a5.2019
Section
Artikel
Abstract viewed = 1123 times