MANAJEMEN PROGRAM KELAS TAHFIDH AL-QUR’AN DI MIN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

  • Rendy Nugraha Frasandy UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)

Abstract

Abstrak

MIN 2 Sleman telah mengalami kemajuan pesat sejak bergantinya Kepala Madrasah. Sebelum itu keadaan MIN bukan menjadi “primadona” bagi para orang tua siswa dalam menitipkan anaknya. Hal ini ditandai dengan data penerimaan siswa baru yang tidak mencukupi kuota yang disediakan. Belum lagi tantangan MIN yang menjadi “pilihan kedua” setelah Sekolah Dasar. Dengan keresahan ini, Kepada Madrasah dituntut untuk dapat membuat inovasi pada MIN tersebut. Inovasi tersebut berupa program baru yang dirilis pada tahun 2017 dikenal dengan Kelas Tahfidh Al-Qur’an. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pada tahap perencanaan program, dimulai dengan menetapkan tujuan, menyiapkan materi, guru, alokasi waktu dan membuat perangkat pembelajaran di persiapkan dengan baik. Dalam pengorganisasian program telah memiliki struktur organisasi yang jelas. Dalam Pelaksanaan program dilakukan setiap hari senin hingga kamis dengan durasi 2x35 menit. Dalam pengawasan dilakukan pelaporan setiap Tri Wulan dan Semester untuk mengetahui target pencapaian siswa.

                                                          Abstract

MIN 2 Sleman has progressed rapidly since the change of Head of Madrasah. Before that the MIN situation is not a "prima donna" for the parents of students in entrusting their children. This is indicated by new student admission data that is not sufficient for the quota provided. Not to mention the MIN challenge that became the "second choice" after elementary school. With this unrest, Madrasah is required to be able to make innovations on the MIN. The innovation of a new program released in 2017 is known as Tahfizh Class Al-Qur'an. The research method used is descriptive qualitative. The results of the study show in the planning phase of the program, starting with setting goals, preparing materials, teachers, allocation of time and make learning tools in the well prepared. In organizing the program has a clear organizational structure. In the implementation of the program is done every Monday to Thursday with a duration of 2x35 minutes. In the monitoring conducted reporting every Tri Wulan and Semester to know the target of student achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Aziz, A. R., (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Da’iyah. Bandung: PT Syamil Cipta Media

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Margono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J., (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2002). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen Berbasis Madrasah. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nazaruddin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Robert, B. & Steven, J. T., (1992). Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Fenomenologis Terhadap Ilmu-ilmu Sosial, terj. Arief Furchan, Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama

Syarifuddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, Dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Terry, G. R., & Stephen G. F., (2003). Principles of Management. New Delhi: AITBS

Yunus, M. (1990). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.

Yunus, M. (2009). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus wa Dzurriyah.

Zaidin. (2015). Wawancara Pribadi, Yogyakarta Sembego: 14 Desember 2015 pukul 10.00.

Ansori, I. (2018). Wawancara Pribadi, Yogyakarta: Jumat, 15 Mei 2018 pukul 13.30 WIB.

Isti. (2017). Wawancara pribadi, Yogyakarta: Sabtu, 16 Mei 2017, pukul 10.00 WIB.

Shofa, A. (2017). Wawancara pribadi, Yogyakarta: Sabtu, 18 Mei 2017, pukul 08.00 WIB.

Published
2018-06-30
How to Cite
Frasandy, R. N. (2018). MANAJEMEN PROGRAM KELAS TAHFIDH AL-QUR’AN DI MIN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 38-52. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a4.2018
Section
Vol.5 No.1
Abstract viewed = 784 times