PENGARUH PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK SDN 74 TAMARELLANG

  • Arham Arham Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui: bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga peserta didik; sikap keberagamaan peserta didik; dan pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan peserta didik SDN 74 yang berjumlah 151 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang diperoleh dengan mengambil 20% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar dokumentasi. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik SDN 74 Tamarellang dikategorikan sangat kuat.  Sementara pada hasil uji signifikansi, diperoleh  nilai thitung  ttebel , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik SDN 74 Tamarellang

Abstract

This research is an ex post facto research that aims to know: the form of fostering religious life in the family of learners; the religious attitudes of learners; and the influence of the form of fostering religious life in the family on the attitude of the learners. The type of research used is simple linear regression. The population in the study were all students of SDN 74, amounting to 151 students. The sample in this study amounted to 30 people obtained by taking 20% of the total number of learners. The research instrument used is questionnaire and documentation sheet. The result of Pearson Product Moment correlation test shows that the influence of the form of fostering religious life in the family towards the religious attitude of the students of SDN 74 Tamarellang is categorized as very strong. While on the results of significance test, obtained tcount> ttebel, it can be concluded that there is influence of the form of fostering religious life in the family against the attitudes of religious students SDN 74 Tamarellang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2002). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M., Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anco, D. (1995). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2 (1).

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bactiar, W. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos.

Daradjat, Z. (1997). Ilmu Jiwa Agama Cet. VI; Jakarta: Bulan Bintang.

Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam, Jakara: Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Edianto. (2013). Pengaruh Partisipasi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI As’ Adiyah No. 170 Layang Makassar. Skripsi.

Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Elizabet, B. H. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Held,V. (1989). Etika Moral Pembinaan Tindakan Sosial. Jakarta: IKAPI.

Jalaluddin. (2007). Editors. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kiswanto, Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau dari Kepribadian Sensing dan Intuition Pada Siswa Kelas IX SMPN 33 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 2015; 3(1).

Munirah. (2015). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2).

Nasution, T., Nurhalijah, N. (1985). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: PBK Gunung Mulya.

Rahman, U., Nursalam, & Tahir, M. R. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1).

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajian, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (2).

Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Singgih, G. (1981). Psikologi Praktis Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Subrata, S. (1995). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published
2016-06-19
How to Cite
Arham, A. (2016). PENGARUH PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK SDN 74 TAMARELLANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 11-15. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5081
Section
Vo.3 No.1
Abstract viewed = 406 times