PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI DALAM POLA PENGASUHAN KELUARGA

  • Usmadi Usmadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
    (ID)

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan kehidupan masyarakat di abad 21 di era digital, menuntut adanya upaya perubahan yang mendayagunakan berbagai sumber daya dalam proses pembelajaran di keluarga.  Tujuan penelitian ini adalah menyiapkan generasi penerus yang sholih dan sholiah, generasi yang jauh dari penyakit masyarakat pada zaman ini. Peningkatan kemampuan orang tua (pendidik) dalam proses pendidikan di keluarga, membutuhkan suatu strategi agar seluruh komponen keluarga (Ayah, Ibu, dan anak-anak) terlibat di dalamnya. Berbagai langkah dan strategi pembaharuan yang dapat dilakukan di antaranya dapat ditempuh melalui pengkajian kembali aturan agama yang telah dihimpun dalam Alqur’an dan Hadits Rasulullah Muhammad Saw. Dalam makalah ini akan diuraikan aturan- aturan dalam agama yang perlu dikembangkan dan diamalkan dalam keluarga seorang muslim dengan harapan dapat mengantarkan orang tua menjadi sokoguru bagi putra-putrinya, sehingga pribadi orang tua tertangkap secara utuh oleh putra-putri mereka sebagai contoh tauladan dalam meniti kehidupan ini.

Abstract

The development of science and technology and the demands of people's lives in the 21st century in the digital era, demands a change effort that utilizes various resources in the process of learning in the family. This research aims to preparing the next generation of sholih and sholiah, a generation away from the disease society today. Increasing the ability of parents (educators) in the process of education in the family, requires a strategy for all components of the family (Father, Mother, and children) involved in it. Various steps and renewal strategies that can be done among them can be pursued through the re-examination of religious rules that have been collected in the Qur'an and Hadith Rasulullah Muhammad Saw. In this paper we will describe the rules of religion that need to be developed and practiced in the family of a muslim in the hope of bringing parents into pillars for their sons and daughters, so that the parents' personalities are captured intact by their sons and daughters as exemplary models of life this.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. (2016). Aqidah Shohihah Versus Aqidah Bathilah. Mdar Alwatan.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 103-116.

Mughniyah, M. J. (1996). Fiqih Lima Mazhab. Jakarta: PT Lentera Basritama.

Permatasari, B., I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 1-8.

Rasyid, M. R. (2008). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pegetahuan dengan Menggunaan Media Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan; 11 (1), 55-68.

Thalib, M. (1997). Pola Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir. (1993). Alqur’an dan Terjemahan. Jakarta: Intermasa.

Yusuf, M. (2007). Muntakhab Ahadits. Yogyakarta: Ash-Shaff

Published
2017-06-19
How to Cite
Usmadi, U. (2017). PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI DALAM POLA PENGASUHAN KELUARGA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 25-36. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5083
Section
Vo.3 No.1
Abstract viewed = 705 times