PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD

  • Hasrawati Hasrawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini ber­tujuan untuk mengetahui bagaimana perangkat pem­be­la­jar­an tematik guru, mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik guru, mengetahui hambatan-hambatan apa yang ditemui guru dalam pembela­jar­an tematik dan bagaimana cara mengatasinya di SD Negeri 252 Sapiri Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah pene­litian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan daftar cheklist. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pe­narikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perangkat pemebelajaran tematik guru diperlukan penguasaan materi dan persiapan dalam penyajiannya di kelas yaitu mem­­persiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa, media pembelajaran, dan tes hasil belajar. Mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang diajarkan, me­­­ngatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan, serta me­ngadakan evaluasi sebagai penilaian akhir dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Kelas VII Mts Negeri Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2 (1), 31-51.

Haling. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Kamaruddin, R., Rahman, A., & Djadir. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Geometri Berbasis Teori Belajar Van Hiele untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas VII1 SMP 2 Bulupoddo. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2 (1), 63-74.

Prastowo, Andi.(2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (2), 221-232.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet.VII; Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cet. X; Bandung: CV Alfabet.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI Cet. I; Jakarta: Kencana.

Published
2016-06-20
How to Cite
Hasrawati, H. (2016). PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 37-49. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5095
Section
Vo.3 No.1
Abstract viewed = 1301 times