KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA DI KABUPATEN ENREKANG

  • Nur Yuliani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Khalisah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mifta Amatullah
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komparasi hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question terhadap siswa kelas X MAN Baraka. Jenis penelitian ini adalah ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 126 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah keseluruhan sampel 60 siswa.  Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Baraka  menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question adalah 64,01 dan 65,34. Sedangkan nilai rata-rata post-test hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Baraka  menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question adalah 73,48 dan 93,05.  Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji Independen Sample Test  yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) pada post-test sebesar dan 0,010.  Nilai sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari nilai signifikan yang ditentukan (α =0,05). Dengan demikian perbandingannya adalah Sig. (2-tailed)<α atau (0,010<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat komparasi hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question terhadap siswa kelas X MAN Baraka.

Abstract

This study aims to determine the comparative mathematics learning outcomes of students using the method of Giving Question and Getting Answer and Learning Start with A Question to students of class X MAN Baraka. This type of research is a quasi-experimental study, with pretest-posttest control group design research design. The population in this study is all students of class X MIA MAN Baraka consisting of 4 classes with a total of 126 students. The sample in this study was chosen by using simple random sampling technique to obtain 2 classes as an experimental class with the total sample of 60 students. The result of descriptive analysis shows that the average value of pre-test of mathematics learning result of grade X students of MAN Baraka using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question is 64.01 and 65,34. While the average value of post-test of mathematics learning result of grade X student of MAN Baraka using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question is 73,48 and 93,05. Furthermore, based on the results of statistical analysis using Independent Test Sample test which shows the sig value. (2-tailed) on the post-test of 0.010. The sig value. (2-tailed) is smaller than the specified significant value (α = 0.05). Thus the comparison is Sig. (2-tailed) <α or (0,010 <0,05). This shows that there is a comparison of students' mathematics learning result using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question to the students of X class of MAN Baraka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnita, A. U. (2015). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Laboratorium Mini dan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 9-19.

Ayuk, N. (2013). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013, skrips Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Elza, F. R., & Ani. W. (2012). Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts with A Question dalam Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Fadillah. (2013). Model Pembelajaran Learning Starts with A Question https://fadillawekay.wordpress.com/2013/04/24/model-learning-starts-with-a-question.

Harsyad, F., Afiif, A., & Abrar, A. I. P. (2016). Studi Komparasi Penggunaan Ice Breaking dan Brain Gym terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 185-199.

Hidayanti, L. (2016). Studi Komparasi antara Metode Learning Start with A Question dengan Giving Question and Getting Answer pada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Semanggi Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mutmainnah, S. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar siswa VII materi pokok statistika di Mts. Walisongo pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Roestiyah, N. K. (2008). Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rouf, A. (2012). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Active Learning Model Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gerak Tahun Pelajaran 2011/2012 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sriyanti, A. (2015). Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 20-29.

Published
2018-06-27
How to Cite
Yuliani, N., Latuconsina, N. K., & Amatullah, M. (2018). KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA DI KABUPATEN ENREKANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1-9. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5134
Section
Vol.4 No.1
Abstract viewed = 256 times