PERBANDINGAN MEDIA MINI BOOK DAN BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ABRAR KOTA MAKASSAR

  • Sri Sulasteri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umar Sulaiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Siti Nurhafsah Jalil Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

 

Abstrak

Pokok masalah penelitian ini ialah apakah terdapat perbandingan hasil belajar  matematika antara penggunaan media mini book dan big book pada peserta didik kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar, yang berjumlah 66 orang yang berasal dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh kenaikan hasil belajar matematika yang menggunakan media mini book mencapai 17,24 atau 88,64% dan yang menggunakan media big book diperoleh peningkatan hasil belajar mencapai 11,95 atau 18,08%. Hasil analisis inferensial diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,5<1,669, dengan α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan media mini book dan media big book.

Abstract

 The main problem in this research is whether there is comparison of mathematics learning result between mini book dan big book media usage in VII grade students at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. This research use quasi experimental research with nonequivalent control group design. The population of this research is all students of VI grade students at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. The researcher use saturated sampling technique while taking sample. The sample of this research are two class with total 66 students. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis and inferential statistics with t-test. Based on the results of descriptive analysis, obtained an increase in mathematics learning results using mini book media reached 17.24 or 88.64% and using big book reached 11.95 or 18.08%. The inferential analysis obtained t-value = 0,5 and t-table = 1,669 with α = 0,05 thus t-value > t-table  (0,05<1.669, α = 0,05) it can be concluded that H0is accepted, that is there no difference of learning result of mathematics using mini book media and big book media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, S. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rahagrafindo Persada.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang, F. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Peserta didik Pada Kelas II di SD Inpres I Rappokalling, Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Fuji, A., Dkk. (2012). Pengembangan Mini Book Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk Mendukung Pembelajaran Kelas XI-IPA SMA Muhammadiah 4 Surabaya. Jurnal, BioEdu, Vol 1 No. 1

Hasan, M. I., (2012). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.

Ivonne, H. K., & Puji. Y. F., (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini” Jurnal, Vol 3 No. 1

Mustamin, S. H., (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika. Makassar : Alauddin University Press.

Ratnasari. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Collaborative Learning pada Mata Pelajaran Biologi Kelasi VII di SMP Negeri 2 Parangloe Kab.Gowa. skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widoyoko, P. E., (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2018-06-30
How to Cite
Sulasteri, S., Sulaiman, U., & Jalil, S. N. (2018). PERBANDINGAN MEDIA MINI BOOK DAN BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ABRAR KOTA MAKASSAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53-63. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a5.2018
Section
Vol.5 No.1
Abstract viewed = 729 times