PENINGKATAN MAHAARAH AL-KALAAM MELALUI THARIQAH AL-MUHAADATSAH DALAM BAHASA ARAB

  • Muhammad Yusuf Tahir Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifah Musdalifah
    (ID)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan thariqah al-muhaadatsah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas X.5 MAN 2 Model Makassar pada semester genap tahun ajaran 2013. Penelitian ini dilakukan dalam siklus yang meliputi empat tahapan umum: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan thariqah al-muhaadatsah efektif meningkatkan mahaarah alkalaam siswa setelah melalui dua siklus. Efektivitas penerapannya iindikasikan oleh peningkatan kemampuan rata-rata siswa 0,4 persen dan kriteria ketuntasan minimal meningkat 18 persen setelah belajar dengan metode al-muhaadatsah dalam dua siklus. Berdasarkan hal itu, disimpulkan bahwa thariqah al-muhaadatsah cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas X.5 MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini berimplikasi kepada pengayaan metodik dan taktik pembelajaran. 

Abstract: This paper aims to describe the application of thariqa al-muhadatsah to improve their speaking ability in the Arabic course. The study was conducted by using classroom action research.for the the X.5 class of MAN 2 Model Makassar in the second semester of the academic year 2013. This study was conducted in a cycle which includes four general stages; planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the application of the thariqa al-muhadatsah was effective to improve the students Maharah al-kalam after the two cycles. The effectiveness of its application was indicated by an increase in average ability of the students by 0.4 percent and a minimum mastery criteria increased 18 percent after the aplication of the method in two cycles. On that basis, it was concluded that the tariqa al-muhadatsah was effective to be used in teaching Arabic for students of classes X.5 MAN 2 Model Makassar. This study has implications for enrichment methodical and learning tactics. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-19
How to Cite
Tahir, M. Y., & Musdalifah, M. (2014). PENINGKATAN MAHAARAH AL-KALAAM MELALUI THARIQAH AL-MUHAADATSAH DALAM BAHASA ARAB. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 15-26. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/538
Section
Artikel
Abstract viewed = 1433 times