PENDEKATAN KONSELING REALITAS DAN APLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

  • Muhammad Yusuf Hidayat Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak: Salah satu pendekatan yang banyak digunakan para konselor adalah pendekatan konseling realitas. Sebagai suatu pendekatan, konseling realitas memiliki pandangan dasar mengenai hakekat manusia, prinsip-prinsip, tahap-tahap, dan teknik-teknik konseling yang harus dipedomani dan dilaksanakan para konselor dalam membantu klien mencapai perubahan yang diinginkan. Pendekatan ini merupakan suatu bentuk modifikasi tingkah laku karena dalam penerapannya baik secara umum dan dalam lingkungan sekolah merupakan pengkondisian operan yang tidak ketat. Oleh karenanya, pendektatan ini meraih popularitas dalam keberhasilannya menerjemahkan sejumlah konsep modifikasi tingkah laku ke dalam model praktek yang relatif sederhana dan tidak berbelit-belit.
Abstract: One widely approach used is the counseling counselors reality approach. As an approach, this approach has a basic view of human nature, principles, stages, and counseling techniques that must be followed and done by counselors in helping the clients to achieve the desired changes. This approach is a form of behavior modification because in its implementation in general and in the school environment is not a strong operant conditioning. Therefore, this approach has gained popularity in translating a number of behavioral modification concept into practice models which are relatively simple or not complicated.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-19
How to Cite
Hidayat, M. Y. (2014). PENDEKATAN KONSELING REALITAS DAN APLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 68-79. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/542
Section
Artikel
Abstract viewed = 3904 times