KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH EFEKTIF (Perspektif Pendidikan Islam)

  • Sophia Azhar Universitas Islam Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Dalam UU No 20/2 003 (peraturan nomor 20/2003) tentang sistem pendidikan nasional, telah disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan potensi peserta didik agar menjadi orang yang setia dan menjadi warga sipil yang demokratis dan bertanggung jawab. Dalam konteks pendidikan Islam perlu dijalankan secara maksimal dengan menekankan nilai agama. Visi dan misi perlu ditentukan dan pelajaran agama digunakan sebagai dasar dalam menentukan visi dan misi lembaga. Penggunaan asas fastabiqul khairat menjadi nilai yang dibutuhkan untuk menciptakan visi dan misi yang ditentukan, pengelola institusi harus memberikan contoh kepada staf dengan memiliki karakteristik yang baik seperti: tulus, jujur, adil bertanggung jawab, dinamis, praktis dan fleksibel. Master kepala yang efektif dan bertanggung jawab adalah orang yang dapat memimpin institusi pendidikan.

Abstract

In UU No 20/2 003 (regulation number 2 0/2003) about national education system, it has been mentioned that national education is aimed to improve potentials of learner to be faithful person and to be democratic, responsible civilian. In the context of Islamic education It need to be run maximally by emphasizing religious value. Vision and mission need to determining and religious lesson is used as base in determining vision and mission of the institution. Use of principle of fastabiqul khairat becomes a value needed to create vision and mission determined, institution manager in must give an example to the staff by having good characteristic such as: sincere, honest, fair responsible, dynamic, practical and flexible. Effective and responsible head master is a person who can lead the education institution.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Mulyasa. (2002) Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung, Remaja Rosda Karya,

Imron, Profesionalisme Guru. Jurnal Cakrawala Nol II No 2 Tahun 2004

Made Pidarta. (2004) Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta Rineka Cipta

Memperluas Jaringan, Membesarkan LembagaArah kebijakan, Straegi dan Dinamika Kerjasama UIN Malang, 2005 Dirjen Bagais Depag RI

Qomari Anwar. (2002). ReorientasiPendidikan Profesi Keguruan, Jakarta :hamka Press

Ramayulis. (2002 ) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, Kalam Mulia

Sam M. Chan. (2005) Kebaikan Pendidikan Era Autonomi Daerah. Jakarta Raja Grafindo Persada

Suderajat, Han. (2005) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung, Cipta Cekas Grafika

Suyatno dkk. (2001). Strategi Pendidikan Nasional. Jakarta : hamka Press,

Yunahar Ilyas dkk, (1999) Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an. Yogyakarta, LPPI

http://www.depdiknas.go.id. Karakteristik Kepala Sekolah Tangguh: Slamet PH Dikutip path tanggal 1 Juli 2006

http://www.depdiknas.go.id. Manajemen Pendidikan Masa Depan : Eman Suparman dikutip pada tanggal 6 Juni 2006

Published
2017-06-30
How to Cite
Azhar, S. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH EFEKTIF (Perspektif Pendidikan Islam). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 20-29. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5941
Section
Vol.4 No.1
Abstract viewed = 641 times