PENGARUH KEMAMPUAN MENGELOLA DIRI (SELF MANAGEMENT) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kemampuan mengelola diri (self management) terhadap kedisiplinan belajar dan kreativitas berpikir mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kemampuan mengelola diri (self management) sebagai variabel bebas dan kedisiplinan belajar serta kreativitas berpikir mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diambil sampel sebanyak 15% dari populasi yakni 53 mahasiswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.
Abstract
This study aims to describe and interpret the effect of self-management ability on the discipline of learning and thinking creativity of students of the Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, UIN Alauddin Makassar. This study uses three variables, namely the ability to manage themselves (self management) as an independent variable and the discipline of learning as well as students' thinking creativity as the dependent variable. The population in this study were all students of the Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, UIN Alauddin Makassar. By using proportionate stratified random sampling technique, 15% of the population, 53 students, were taken. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistics to test hypotheses
Downloads
References
Ali, Muhammad, dan Ansori. 2006. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek,(Edisi Revisi VII). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Depag RI. 2004. Pengadaan kitab suci Al-Quran dan terjemahan. Jakarta: pelita.
Goleman, Daniel. (2000). Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.
G.R. Terry. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen. Terjemahan J mith D. F. M. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hurlock. 1978. Child development. Jakarta: Erlangga.
Munandar Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Mustamin, Muh. Khalifah. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.
Nursisto. 1999. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta : Mitra Gama Widya.
Poerbakawatja, Soegarda. 1990. Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Riduwan. 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: UI-Press.
Shabir, Muslich. 2004. Terjemahan Riyadhus Shalihin. Semarang: PT Karya Toha Putra.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subagyo, P. Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005.Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan.
Sulistyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan
Suryabrata, Sumadi. 1992. Metodologi Penelitian. Edisi I Cetakan 7. Jakarta: PT Rajawali.
Thalib, Syamsul Bahri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Tiro Muhammad Arif. 2000. Dasar- Dasar Statistika. Edisi Revisi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
. 2010. Statistika Terapan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
UU RI No 20. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wijono, Sutarto. 2010. Psikologi Industri & Organisasi. Jakarta: Kencana.
Yudhawati Ratna. dkk. 2011.Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Zainudin dkk. 1991. Seluk-beluk Pendidikan al-Ghozali. Jakarta: Bumi Aksara.
(http://journal.uin-suka.ac.id/albidayah/article/download/22/25).
Copyright (c) 2018 Muhammad Yusuf Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.