PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI LAIKANG KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP

  • Sriwahyuningsi Sriwahyuningsi Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)

Abstract

                                                                            Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter peserta didik di MI Laikang Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kegiatan ekstrakurikuler sebagai variabel bebas dan karakter peserta didik sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil statistik inferensial pengujian hipotesis yang mem­perhatikan bahwa nilai (t) yang diperoleh dari hasil perhitungan ( )= lebih besar dari pada nilai (t) yang diperoleh dari tabel distribusi F ( )=  dengan taraf signifikan sebesar 5% ( ) membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kegiat­an ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Laikang Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Abstract

                This study aims to determine the effect of scout extracurricular activities on the character of students in MI Laikang, Ma'rang District, Pangkep Regency. This study uses two variables: extracurricular activities as independent variables and the character of students as dependent variables. This type of research is quantitative descriptive. Based on inferential statistics testing the hypothesis that notes that the value (t) obtained from the calculation (t_count) = 35.55 is greater than the value (t) obtained from the distribution table F (t_ (table)) = 1.699 with significant level of 5% t count> t_ (table) (35.55> 1.699) proves that there is an influence between scout extracurricular activities on the character of students in Madrasah Ibtidaiyah Laikang Ma'rang District, Pangkep Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismantoro, Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana 2008

Alwisol, Psikologi Kepribadian, Malang UNMU 2007

AM Sardiman, Interaksi dan Motovasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press 2003

Atmasulistya dkk, Panduan Praktis Membina Pramuka Penggalang, Jakarta 2000

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, Cet.VIII; Jakarta: Rineka Cipta 1992

Azwar dkk, Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, SK Kwarnas No. 23. Th. 2009

Amir Abbas, dkk, Pedoman Lengkap Gerakan Pramuka, Jakarta; Beringin Jaya 1994

Bararoh Ali, Trik-Trik Analisi Statistik dengan SPSS 15, cet. I Jakarta: ElexMedia Komputindo 2008

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Cet.7; Jakarta: Balai Pustaka

Dirjen Dikdasmen Depdikbud, Petunjuk Pelaksanaan dan Pengolahan Kurikulum Buku II , Jakarta: Bulan Bintang 1984

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka 1990

Dareso Bambang, Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila, Semarang; Aneka Ilmu 1986

Djaelani Timur H.A, Peningkatan Mutu Pendidikan Pengembangan Perguruan Agama, Jakarta, 2005

Elo, Ambo Adam dan Ismail Tolla, Dasar- Dasar Administrasi Pendidikan, Cet.II; Ujung Pandang FIK IKIP 1987

Gunawan Heri, Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi, Cet. III; CV. Alfabeta: Bandung 2014

Gaffar Abdul, “Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MA DDI lerang- lerang Kab. Pinrang”, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar , 2012

Harianti Diah, Pengembangan Diri, Cet. I; Bandung: Gramedia 2006

Hasyim Add. Hamid, “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perilaku Keberagamaan Santri Madrasah Tsanwiyah Darul Aqra Muhammadiyah Sulawesi Selatan”, Skrisi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2012

Hikmah Afroh Nailil, “Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakuriler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman”, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta , 2013

Ihsan Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan, Cet, I: Jakarta: PT. Rineka Cipta 1996

Lickona Thomas, Pendidikan Karakter : Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Cet. II; NusaMedia: Bandung 2013

Langgullung Hasan, Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Hasna 2006

Mengawati Ratna, Pendidikan Karakter : Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa, Cet. Indonesia Haritage Foundation: Bogor, 2004

Muthin Muhammad Abdul, “Nilai Pendidikan Islam Berbasis Budaya Jawa”, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013

Mursitho Joko, Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka, Kulonprogo: Pustaka Pelajar 2014

Nawawi Hadari, Administrasi Pendidikan , Jakarta: Bina Aksara 1987

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia , Edisi ke 3; Jakarta: Balai Pustaka 2012

Pusdiklatda, Buku Panduan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar, Yogyakarta; PGSD FIP UNY 2012

Pemerintah Republik Indonesia, Undang- Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 th 2003), Cet 11; Jakarta: Sinar Grafika 2005

Republik Indonesia, “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 2005

Rachman Fathor Utsman, Panduan Statistika Pendidikan, Yogyakata: Diva Press 2013

Shaleh Abdul Rahman, Pendidikan Agama dan Pembentukan Watak Bangsa, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada 2005

Sahlan Asmaun, dkk, Desain Pembina Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Siregar Sofyan, Statistika Deskriptif untuk Penelitian , Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta 2014

Sukarto, Administrasi Pendidikan, Cet. I; IKIP Malang 1989

Sunardi Andri Bob, Boyman Ragam Latihan Pramuka, Bandung: Nuansa Muda 2010

Suryabroto, Prestasi Belajar Mengajar di sekolah, Cet. I Jakarta ; PT. Rineka Cipta 1997

Solihah Marliyah, “Penanaman Karakter Pada Siswa di MAN Wonokromo bantul Yogyakarta”, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013

Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2005

Supangat Andi, Statistika: Dalam Kajian Deskriftif, Infrensi dan Nonprametrik, Cet I Jakarta: Kencana 2007

- - - - - - - -, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta 2008

Syaodih Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IX Bandung; Remaja Rosdakarya 2013

Samani Muchlas dkk, Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2012

Suryabrata Sumadi, Psikologi Kepribadian, Jakatra: Rajawali 1986

UU Tahun 2010 Nomor 131 Tentang Gerakan Pramuka

Widodo Agus Hs, Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pembina Pramuka, Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY 2003

Widiastuti Hariati, “Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter”, Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamaddiyah Surakarta

Wiyani Novan Ardy, Pendidikan Karakter dan Kepramukaan, Yogyakarta: Citra Aji Parama 2012

Yusuf Syamsu LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda Karya 2005

http://Pramukawipa.blogspot.com/2011/01/undang-undang-nomor-12-tahun-2010.html

http//www//gerakan-pramuka-sebagai-ekstrakurikuler.html

Pendidikan Karakter : Prioritas yang terlupakan, htttp//www//lpmpalmuhajirin.com

Published
2017-06-30
How to Cite
Sriwahyuningsi, S. (2017). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI LAIKANG KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 40-47. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5958
Section
Vol.4 No.1
Abstract viewed = 2872 times