PENGARUH IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERILAKU DELINKUEN PADA PESERTA DIDIK

  • Ummu Kaltsum Guru
    (ID)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi bimbingan dan konseling terhadap perilaku delinkuen pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini 45 siswa dimana seluruh populasi dijadikan sampel karena kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan peneliti adalah Skala Bimbingan Konseling dan Skala Kecende-rungan Berperilaku Delinkuen. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial, yaitu regresi sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p = 0,01 < 0,05. Hasil uji ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi bimbingan dan konseling terhadap perilaku delinkuen pada peserta didik.

Abstract: This study aimed to determine the effected of the implementation of guidance and counseling on behavior delinquency on learners. The population of this study were all students of SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. The number of samples were 45 students in which the entire population sampled for less than 100 people. The instruments used by researcher is the counseling scale and behave delinquency trend. Data were analyzed using inferential statistics, which was a simple regression. Hypothesis test results shown the value of p = 0.01 <0.05. The test results concluded that there were significant implementation guidance and counseling on delinquency behavior on learners.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ummu Kaltsum, Guru
SMP Negeri 1 Donri-Donri

References

Ahmadi, Abu dan Ahmad Rohani, Bimbingan dan Konseling di Sekolah Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Ekowarni, E. “Kenakalan Remaja: Tinjauan Psikologi Perkembangan”, Buletin Psikologi, Vol. 2, 1993.

Gerungan, W.A. Psikologi Sosial. Cet. II; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.

Havighurts, R. J. Human Development and Education. New York: David Mckay Co, 1961

Hawari, Dadang. Al- Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Cet. III; Jakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 1997

Hurlock, Elizabet B. Child Development. NewYork: Mc Graw Hill Book Company. Inc, 1950

Kartadinata, Sunaryo. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Maulana, 1983.

Kartono, Kartini. Patologi Sosial II; Kenakalan Remaja. Cet VI; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005.

Latipun. Psikologi Konseling. Cet. VI; Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2005

Mappiare, Andi A.T. Kamus Istilah Konseling dan Terapi Cet.I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006

Miller, Frank W. Guidance Principle and Services. United States of America: Charles E. Merrill Books, Inc, 1963.

Musnamar, Tohari, et al. Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami. Yogyakarta: UII Press, 1992.

Natawidjaja, Rochman. Pendekatan-pendekatan Penyuluhan Kelompok. Bandung: Diponegoro, 1987

Prayitno dan Erman Amti. Dasar- dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 2003

……..., Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta 2003.

Putranti, Nurita. Remaja dan permasalahannya, diakses 17 Januari 2009. [ http:// nuritaputranti.wordpress/ 2008/ 02/ 19/ Remaja-dan-permasalahannya.part-1/]

Santrock, John W. Adolescence; Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga, 2003

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Remaja. Cet.VI; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2001.

Shertzer, B. and Stone-Shelley C, Fundamentals of Guidance New York: Houghton Mifflin Company, 1971

Sudarsono. Etika Islam tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: Bina Aksara, t.th

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Walgito, Bimo. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir) Edisi IV; Yogyakarta: Andi, 2005

Winkel, W. S. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT. Grasindo, 1997.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. Landasan Bimbingan Konseling. Cet III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Published
2015-06-01
How to Cite
Kaltsum, U. (2015). PENGARUH IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERILAKU DELINKUEN PADA PESERTA DIDIK. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1 - 25. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/864
Section
Artikel
Abstract viewed = 1082 times