HUBUNGAN KEBUTUHAN PENGHARGAAN (ESTEEM NEEDS) DENGAN KREATIFITAS BELAJAR FISIKA

  • Muhammad Yusuf Hidayat Dosen
    (ID)

Abstract

Abstrak: The aim of the research was to describe and interpret the relationship between esteem needs and the students’ creativity of Education and Teacher Training Faculty at UIN Alauddin Makassar. This research was a correlational descritive research. The population was the students of 2014/2015 phisics study program. The sample taken by using proportional random sampling technique where 20% or 40 students from 127 students was taken as the sample. The data taken by using quistionaire and by interviewing the phisics lecturers The data analized using descriptive and  inferential statistics to test the hypothesis.

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kebutuhan penghargaan (esteem needs) dengan kreativitas belajar fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2014/2015. Adapun sampelnya menggunakan teknik proportional random sampling yaitu dengan mengambil sampel secara representative dimana peneliti mengambil 20% dari populasi yang ada yaitu 40 siswa dari 127 Mahasiswa. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dan melakukam wawancara dengan  guru fisika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Yusuf Hidayat, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

--------------, 2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

--------------, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Ban-dung: Alfabeta.

Published
2015-06-01
How to Cite
Hidayat, M. Y. (2015). HUBUNGAN KEBUTUHAN PENGHARGAAN (ESTEEM NEEDS) DENGAN KREATIFITAS BELAJAR FISIKA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 65 - 72. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/867
Section
Artikel
Abstract viewed = 238 times