PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MAHÂRAT AL-KALÂM DALAM MATA PELAJARAN

  • Marni Marni Guru
    (ID)
  • M. Yusuf T. M. Yusuf T. Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: This study aims to improve the Maharat ala-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar through the use of talking stick in Arabic subject. This research was conducted by the method of action research path model proposed by Kemmis and Taggart. The main problem was formulated in this study was whether the use of talking stick method can improve the Maharat al-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar in Arabic subject. The results showed that the use of talking stick method proven effective in improving Maharat al-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar. The implication of this finding was the appropriate conditioning set for the students will motivate them to complete the task well.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar melalui penggunaan metode talking stick dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan mengikuti alur yang dikemuka-kan Kemmis dan Taggart. Masalah utama yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Hasilnya menunjukkan bahwa, penggunaan metode talking stick terbukti efektif meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Implikasi dari temuan hasil penelitian ini adalah bahwa pengkondisian yang diberikan kepada siswa secara tepat akan memotivasinya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya secara baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Marni Marni, Guru
Madrasah Aliyah Hubbul Wathan Toli-Toli, Kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara
M. Yusuf T. M. Yusuf T., Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Abdurrahman, Mulyono, Anak Berkesulitan Belajar (Teori, Diagnosis, dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Almunawwir, A. W. Kamus Almunawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif, 1984.

Aziz, Minanul dan Aswin Yunan. Terampil Bahasa Arab 1. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Effendy, Fuad Ahmad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.

Hamid, Abdul, Baharuddin Uril dan Mustofa Bisri. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN Malang Pers, 2008.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

http.//Nataliatunas. Blogspot. Com/2012/12/, diunduh 30 April 2013.

http://www.slideshare.net/lailarahmatiena student/ulumulqur’an.

Johnson, David W., Roger T. Johnsoon dan Edythe Johnson Holubec. The New Circles of Learning: Cooperation in the Classroom and School. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development, 1994.

Mursid, M. Imam. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Al-Qira’ah di Man 1 Semarang (http://Iib.UIN Malang).

Nugraha, G. Setya. Kamus Bahasa Indonesia Praktis. Surabaya: Sulita Jaya, 2008.

Nurjannah. “Problematika Nazariyyah al-Furu’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Islam Indonesia”. Tesis. Pasca Sarjana UIN Alauddin, Makassar, 2010.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca SD. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2005.

Silberman, Mel. Pembelajaran Aktif: 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT Indeks, 2013.

Yusuf, M. T. Teori Belajar dalam Praktek. Makassar: Alauddin Press, 2013.

Published
2015-06-01
How to Cite
Marni, M., & M. Yusuf T., M. Y. T. (2015). PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MAHÂRAT AL-KALÂM DALAM MATA PELAJARAN. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 87 - 103. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/869
Section
Artikel
Abstract viewed = 595 times