TANGGUNG JAWAB GURU MELAKUKAN EVALUASI HASIL BELAJAR: Belajar dari Desain Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2008

  • Ilyas Ismail Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: This paper aims at describing the role of teachers in evaluating students' learning outcomes. In measuring the achievement of instructional goals, teachers should know the principles and techniques of evaluation, so the results can be scientifically accountable. The evaluation which is done well, will avoid teachers to be subjective in evaluating students' achievements. Conversely, if it is done badly, the evaluation will not show the factual results of students' learning. As a result, learning achievements is difficult to be described.

Abstrak: Tulisan ini bertujuan menggambarkan peran guru dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Dalam mengukur capaian tujuan pembelajaran, setiap guru dituntut menguasai prinsip dan teknik evaluasi sehingga hasilnya dapat dipertanggungwabkan secara ilmiah. Evaluasi yang dilakukan dengan baik akan menghindarkan guru untuk subjektif menilai prestasi belajar peserta didik. Sebaliknya, proses evaluasi yang kurang baik tidak akan dapat menggambarkan keadaanya nyata pembelajaran. Akibatnya, hasil belajar sulit untuk digambarkan secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ilyas Ismail, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Arifin, Anwar, 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Na-sional dalam Undang-Undang SISDIKNAS, POKSI VI FPG DPR RI.

Arikunto, Suharsini, 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Dahidi, Ahmad dan Miftachul Amri. 2003. Potret Pendidikan di Jepang, Sebuah Refleksi, Yogyakarta: Pikiran Rakyat.

http://murniramli.wordpress.com/2007/04/13/kurikulum-sma-di-jepang/

http://saniroy.wordpress.com/2006/05/05/cinta-tanah-air-ala-jepang/

http://pakguruonline.pendidikan.net/pradigma_pdd_ms_depan_34. htm.

LCCPTC, “Kegagalan Guru dalam Melakukan Evaluasi Pendidikan”, dalam Media Indonesia On-Line, 16 Januari 2008.

Mulyasa, E., 2005. Menjadi Guru Profesinal, Mencuptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Yadi, 2007. Etika Profesi, psikologi Profetik perspektif psikologi Islami, Bandung: PT.Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2007.. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas, 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman,Moh. Uzer, 2005. Menjadi Guru professional, edisi kedua, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2003. Tentang Otonomi Daerah, Lembaran Negara nomor 60 tahun 1999.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

Published
2015-06-01
How to Cite
Ismail, I. (2015). TANGGUNG JAWAB GURU MELAKUKAN EVALUASI HASIL BELAJAR: Belajar dari Desain Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2008. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 104 - 115. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/870
Section
Artikel
Abstract viewed = 240 times