HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Ulfiani Rahman Dosen
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Dosen
    (ID)
  • Azmidar Azmidar Mahasiswa

Abstract

Abstract: The objective of the research was to find out the relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence towards students mathematics learning achievement. at SMP Negeri 7 Alla Enrekang, South Sulawesi. The findings showed that: (1) there was a relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence towards students mathematics learning achievement; (2) there was a negative relationship between parents permissive conduct and students mathematics learning achievement; (3) there was a positive relationship between students' emotional intelligence and  their 'mathematics learning achievement; and 4) there was a positive relationship between parents permissive conduct and students emotional intelligence.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menemukan hubungan antara pola asuh permisif orangtua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 7 Alla Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan antara pola asuh permisif orangtua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa; 2) ada hubungan negatif antara pola asuh permisif orangtua dengan hasil belajar matematika siswa; 3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa; 4) ada hubungan positif antara pola asuh permisif orangtua dengan kecerdasan emosional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ulfiani Rahman, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Mardhiah Mardhiah, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Azmidar Azmidar, Mahasiswa
Prodi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Chubba, Datsratul, “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Wachid Hasyim Surabaya”. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi, UIN Malang, 2007.

Dariyo, Agoes. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.

Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.

Megawangi, Ratna. “Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani,” dalam Rohinah M Noor, eds. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Cet. I; Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Muhammad, Ali. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Cet. I; Bandung: Angkasa,1994.

Noor, Rohinah M. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Puspicahyani, Indah. “Pengaruh Kesiapan Belajar, Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III Semester I SMPN 1 Tahun Ajaran 2005/2006”. Skripsi: Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret, 2006.

Sarastuti, Irma. “Kedisiplinan Siswa SMP Ditinjau Dari Pola Asuh Permisif Orangtua”. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijaprana-ta, Semarang, 2008).

Sarastuti, Irma. “Kedisiplinan Siswa SMP Ditinjau Dari Pola Asuh Permisif Orangtua”. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, 2008.

Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2010.

Yusuf, M. T. Teori Belajar dalam Praktek. Makassar: Alauddin Press, 2013.

Published
2015-06-01
How to Cite
Rahman, U., Mardhiah, M., & Azmidar, A. (2015). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 116 - 130. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/871
Section
Artikel
Abstract viewed = 2134 times