PILAR-PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONTEKS KEISLAMAN
Abstract
Abstract: Internalizing good character values are a system that enhance whole learning components into students attitude: knowledge, conciousness, and the action to live with the values. It is indicated that, all school components should be worked indeed like curriculum content, process of learning and evaluation, learning conducting, school management, co-curricular, learning mobiler, fund and work ethics. In term of character education, whole learning activity that teacher do must be imitable by the student. Everything about the behavior of teachers should be an example of learners such as in speech, materials, and various other related matters. The purpose of internalizing the values of characters is to shape the personality of students to become good citizens.
Abstrak: Internalisasi nilai-nilai karakter yang baik merupakan suatu sistem yang berupaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik: pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Dalam pelaksanaannya, semua komponen sekolah harus dilibatkan, isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan kokurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan dan ethos kerja seluruh warga sekolah. Dalam pendidikan karakter, segala sesuatu yang dilakukan guru harus mampu mempengaruhi berkembangnya karakter peserta didik dimana guru menunjukan keteladanan. Segala hal tentang perilaku guru/dosen hendaknya menjadi contoh peserta didik, misalnya dalam berbicara, menyampaikan materi, dan berbagai hal terkait lainnya. Tujuan internalisasi nilai-nilai karakter adalah membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik.Downloads
References
Beland, K. and Team. National Schoolof Character: Award-Winning Practise, USA: Character Education Patnership, 2006.
Freire, Paulo. Educaco Como Ptaktica da Liberdade, diterjemahkan oleh Martin Eran dengan Judul Pendidikan yang Membebaskan. Cet. I; Yogyakarta: Melibas, 2001.
Hidayatullah. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Cet. III; Surakarta: Yuma Pustaka 2014.
Kartono, K. dan Gulo, D. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya, 1987.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.
Lickona, Thomas Religion and Character Education. New York: The Delta Kppan, 1999.
Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Sleman: Pedagogia, 2010.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mangatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Grup, 2008.
Nawanti, Sri. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia, 2012.
Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Oktavia, Lanny, dkk. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab & Norwegian Centre for Human Rights, 2014.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, lebih lengkap lihat www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf diakses pada tanggal 06 Agustus 2013.
Siradj, Said Aqil. Tarbiyah dan Kebangsaan: Kontribusi Kaum Santri Melampaui Eksklusivisme dalam Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi. Bandung: Mizan, 2006.
Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2011.
Suyanto, Urgensi Pendidikan Karakter, lebih lengkapnya dapat di lihat website Ditjen Mandikdasmen Kementerian Pendidikan Nasional (www.kemendikbud.go.id) diakses pada tanggal 08 Agustus 2015.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada, 2012.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.