PILAR-PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONTEKS KEISLAMAN

  • Marjuni Marjuni Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: Internalizing good character values are a system that enhance whole learning components into students attitude: knowledge, conciousness, and the action to live with the values. It is indicated that, all school components should be worked indeed like curriculum content, process of learning and evaluation, learning conducting, school management, co-curricular, learning mobiler, fund and work ethics. In term of character education, whole learning activity that teacher do must be imitable by the student. Everything about the behavior of teachers should be an example of learners such as in speech, materials, and various other related matters. The purpose of internalizing the values of characters is to shape the personality of students to become good citizens.

Abstrak: Internalisasi nilai-nilai karakter yang baik merupakan suatu sistem yang berupaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik: pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Dalam pelaksanaannya, semua komponen sekolah harus dilibatkan, isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan kokurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan dan ethos kerja seluruh warga sekolah. Dalam pendidikan karakter, segala sesuatu yang dilakukan guru harus mampu mempengaruhi berkembangnya karakter peserta didik dimana guru menunjukan keteladanan. Segala hal tentang perilaku guru/dosen hendaknya menjadi contoh peserta didik, misalnya dalam berbicara, menyampaikan materi, dan berbagai hal terkait lainnya. Tujuan internalisasi nilai-nilai karakter adalah membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marjuni Marjuni, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Beland, K. and Team. National Schoolof Character: Award-Winning Practise, USA: Character Education Patnership, 2006.

Freire, Paulo. Educaco Como Ptaktica da Liberdade, diterjemahkan oleh Martin Eran dengan Judul Pendidikan yang Membebaskan. Cet. I; Yogyakarta: Melibas, 2001.

Hidayatullah. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Cet. III; Surakarta: Yuma Pustaka 2014.

Kartono, K. dan Gulo, D. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya, 1987.

Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.

Lickona, Thomas Religion and Character Education. New York: The Delta Kppan, 1999.

Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Sleman: Pedagogia, 2010.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mangatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Grup, 2008.

Nawanti, Sri. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia, 2012.

Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Oktavia, Lanny, dkk. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab & Norwegian Centre for Human Rights, 2014.

Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, lebih lengkap lihat www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf diakses pada tanggal 06 Agustus 2013.

Siradj, Said Aqil. Tarbiyah dan Kebangsaan: Kontribusi Kaum Santri Melampaui Eksklusivisme dalam Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi. Bandung: Mizan, 2006.

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2011.

Suyanto, Urgensi Pendidikan Karakter, lebih lengkapnya dapat di lihat website Ditjen Mandikdasmen Kementerian Pendidikan Nasional (www.kemendikbud.go.id) diakses pada tanggal 08 Agustus 2015.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada, 2012.

Published
2015-06-01
How to Cite
Marjuni, M. (2015). PILAR-PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONTEKS KEISLAMAN. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 154 - 163. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/874
Section
Artikel
Abstract viewed = 1674 times