KONTRIBUSI PESANTREN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

  • Suddin Bani Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: This article aimed to described the contribution of pesantren towards the development of educational system in Indonesia. Pesantren is a traditional system of Islamic education in Indonesia whereas emerged to strengthe-ning Islamic religiosity values into students trough integration between learning, religiosities and community lives. Pesantren has passed on ups and down periods, started to become an institution dichotomy with western educational system to be a part of nation-building. In this article described any facts that concluded that pesantren has a major contribution to human development in Indonesia.

Abstrak: Tulisan ini bertujuan mengambarkan kontribusi pesantren terhadap perkembangan sistem pendidikan di Indonesia. Pesantren adalah suatu sistem pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang menitik beratkan pada penanaman nilai-nilai keagamaan Islam kepada peserta didiknya melalui suatu tatanan terintegrasi antara sekolah, ibadah, dan kehidupan bermasyarakat. Pesantren mengalami pasang surut, mulai dari lembaga yang dikotomis terhadap sistem pendidikan barat hingga menjadi bagian dari pembangunan kebangsaan secara umum. Dalam tulisan ini diungkap berbagai fakta yang menyimpulkan bahwa pesantren, baik secara kelem-bagaan maupun secara individual memiliki kontribusi yang besar terhadap perkembangan manusia Indonesia. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suddin Bani, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Aly, Abdullah. Pendidikan Islam Kultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2012.

Burhanuddin, Jajat (penyunting). Mencetak Muslim Modern, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2006.

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Cet. II. Yogyakar-ta: Pustaka Pelajar, 2006.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren (Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa). Jakarta: Nawesa Press, 2009.

Harun, Salman. Sistem Pendidikan Islam. Cet.II. Bandung: Alma’arif, 1998.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.

Hawwa, Sa’id. “Tarbiyatuna Al-Ruhiyah”, terj. Khairul Rafie’. Jalan Ruhani. Cet. V. Bandung: Mizan, 1997.

Kementerian Agama, Alquran dan Terjemahnya (Jakarta: 2012), h. 377.

Linrung, Tamsil. Politik untuk Kemanusiaan. Jakarta: Gramedia, 2014.

Mas’ud, Abdurrahman. Dari Haramain ke Nusantara (Jejak Intelektual Arsitek Pesantren). Jakarta: Kencana; 2006.

Masykur, Anis. Modernisasi Pesantren. Depok: Bornea Pustaka, 2010.

Qutub, Muhammad. “Manhaj Al-Tarbiyah Al-Islamiyah”, terj. Salman Harun. Sistem Pendi¬dikan Islam. Cet. II. Bandung: Alma’arif, 1988.

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah. Cet. II. Jakarta: LP3ES, 1994.

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi. Cet.II, Yogyakarta: LKiS, 2007.

Zubaedi. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Published
2015-12-31
How to Cite
Bani, S. (2015). KONTRIBUSI PESANTREN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 264 - 273. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/881
Section
Artikel
Abstract viewed = 2118 times