PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI POLA ASUH OTORITER ORANGTUA

  • Ahmad Afiif Dosen
    (ID)
  • Fajriani Kaharuddin Mahasiswa

Abstract

Abstract: This research  aimed investigating the authoritative parenting style of parents on students' learning behavior. The problem statement of this research were: (1) what was the description of parents' authoritative style?; (2) what was the description of students' learning behaviour?; (3) did the authoritative style of parents significantly influenced the students' learning behaviour? The design of the research was a quasi experiment and took the subjects from the fifth and the sixth grade students of the the 50 State elementary school Bonto Panua Pangkep. The results showed that there was a significant influence of parents' authoritative style on the students' learning behaviour. The implication of this research was the important of the adults' self control aspect towards children's learning development.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh otoriter orangtua terhadap perilaku belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pola asuh otoriter orangtua peserta didik; (2) Bagaimana gambaran perilaku belajar peserta didik; dan (3) Apakah pola asuh otoriter orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental terhadap peserta didik kelas V dan VI di SD Negeri 50 Bonto Panno Kabupaten Pangkep. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh otoriter orangtua terhadap perilaku belajar peserta didik. Penelitian ini berimplikasi kepada pentingnya aspek pengendalian diri orang dewasa terhadap perkembangan belajar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Afiif, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Fajriani Kaharuddin, Mahasiswa
Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Hurlock, Elizabet B. Perkembangan Anak. Cet. VI; Jakarta: Erlangga, 1997.

Ikhsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Citra, 2003.

Ilahi, Mohammad Takdir. Quantum Parenting: Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Katahari, 2013.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2003.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2009

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet. 18; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

----------. Psikologi Belajar. Cet. 13; Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sobur, Alex. Psikologi Umum Lintas Sejarah. Jawa Barat : CV Pustaka Setia, 2003.

Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Yudhawati, Ratna dan Dany Haryanto. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Published
2015-12-31
How to Cite
Afiif, A., & Kaharuddin, F. (2015). PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI POLA ASUH OTORITER ORANGTUA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 287 - 300. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/883
Section
Artikel
Abstract viewed = 2099 times