PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY APPROACH DAN MODIFIED FREE INQUIRY APPROACH TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

  • Zainal Basri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran guided inquiry approach dan modified free inquiry approach terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Polong bangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment dengan pretest posttest control group design. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry approach dan modified free inquiry approach cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sedangkan berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran guided inquiry approach dan modified free inquiry approach kelas VIII SMPN 2 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Abstract:

This research aims to determine the comparison of learning models guided inquiry approach and modified free inquiry approach to solving the problems of mathematics students of class VIII SMP Negeri 2 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. This research type is quasi experiment research with pretest-posttest control group design. From descriptive analysis result shows that guided inquiry approach model and modified free inquiry approach is effective to improve students problem solving abilities of mathematics while based on hypothesis test show that there is no significant difference in mean score of mathematics learning outcomes between students taught using guided inquiry approach model and modified free inquiry approach class VIII SMPN 2 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zainal Basri, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education, Educational Measurement, Assessment, Statistical and Data Analysis. My research about mathematics education and Assessment.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Makassar
  • Master Pendidikan matematika, Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2015 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang
  • Tim Pengelola Jurnal Lentera Pendidikan
  • Tim Pengelola Jurnal Auladuna
Contact Person: Hp. +6285255759016 email: [email protected]

References

Aqib, Z. & Ali, M. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang standar Isi Untuk satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo.

Hamalik, O. (2009). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Menuju Profesionalitas Guru dan Tenaga Pendidik. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mustamin, S. H., (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika. (Cet. 1; Makassar: Alauddin University Press).

Rahman, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah. No. 1. 2014.

Sarnapi. (2016). Peringkat Pendidikan Indonesia masih Rendah, Pikiran-rakyat.com. 18 Juni 2016. http://www.pikiran-rakyat.com (23 September 2017)

Sarwi. (2015). Utilization Of The Guided Inquiry Learning Model to Develop Students Concervation Character, International Conference on Mathematics, Science, And Education.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Cet XXIII. Bandung: Alfabeta.

Ural, E. (2016). The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiment on Science Education Students Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies, Vol. 4 No. 4. hal. 223.

Wang, P. (2013). The Learning Effectiveness of Inquiry-Based Instruction Among Vocational High School Students. Journal of Educational Research International, Vol. 2 No. 2. hal. 22.

Widowati, A. (2008). Impoving The Divergent Thinking Skill Using The Modified Free Inquiry Approach to Teaching Science. Journal of Education, Vol. 11 No. 1. hal. 124.

Yenny, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1 No. 2. hal 9.

Published
2018-06-30
How to Cite
Basri, Z., Nursalam, N., & Suharti, S. (2018). PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY APPROACH DAN MODIFIED FREE INQUIRY APPROACH TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 94-104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a8.2018
Section
Vol.5 No.1
Abstract viewed = 975 times