PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 BINAMU KAB. JENEPONTO

  • Muhammad Al Muhajir
    (ID)

Abstract

Penelitian ini digolongkan sebagai jenis penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills. Model pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Proses pengembangan pada tahap define dan design menghasilkan prototipe 1 perangkat pembelajaran (rencana pelaksanaan pembelajaran, penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills). Pengembangan pada tahap develop, melakukan proses validasi yang menghasilkan prototipe 2 yang valid. 3. Pengembangan pada tahap disseminate, merupakan fase penyebaran perangkat yang telah ada, hasil dari tahap disseminate adalah prototipe final.

Berdasarkan hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills memenuhi kriteria efektif dengan indikator (1) hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85% juga tercapai, (2) aktivitas siswa berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (3) kemampuan guru mengelola kegiatan praktikum dan pembelajaran berada pada kategori tinggi dan (4) respon siswa berada pada kategori positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektivan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Al Muhajir

Dosen Universitas Pejuang Republik Indonesia

References

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Rhineka Cipta.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkembangkan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sasongko, Luddy Bambang. 2004. Pengembagan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Relasi, Fungsi Dan Grafiknya. Surabaya: Unesa.

Soehendro. B. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Published
2015-12-01
How to Cite
Al Muhajir, M. (2015). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 BINAMU KAB. JENEPONTO. Jurnal Biotek, 3(2), 125-132. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1101
Section
Articles
Abstract viewed = 2051 times