PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 BINAMU KAB. JENEPONTO
Abstrak
Penelitian ini digolongkan sebagai jenis penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills. Model pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Proses pengembangan pada tahap define dan design menghasilkan prototipe 1 perangkat pembelajaran (rencana pelaksanaan pembelajaran, penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills). Pengembangan pada tahap develop, melakukan proses validasi yang menghasilkan prototipe 2 yang valid. 3. Pengembangan pada tahap disseminate, merupakan fase penyebaran perangkat yang telah ada, hasil dari tahap disseminate adalah prototipe final.
Berdasarkan hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills memenuhi kriteria efektif dengan indikator (1) hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85% juga tercapai, (2) aktivitas siswa berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (3) kemampuan guru mengelola kegiatan praktikum dan pembelajaran berada pada kategori tinggi dan (4) respon siswa berada pada kategori positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat penuntun praktikum Bioteknologi berbasis inkuiri berorientasi life skills memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektivan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Rhineka Cipta.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkembangkan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sasongko, Luddy Bambang. 2004. Pengembagan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Relasi, Fungsi Dan Grafiknya. Surabaya: Unesa.
Soehendro. B. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.