Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

  • Winda Arianti Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Qaddafi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulkarnaim Zulkarnaim Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perlunya mengkorelasikan praktikum Kimia Dasar dengan matakuliah Biologi. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi membutuhkan praktikum Kimia Dasar yang berkaitan dengan Biologi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangan penuntun praktikum kimia dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Researh and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model Pengembangan penuntun yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Tjeerd Plomp yang terdiri dari beberapa fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fese desain, (3) realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Faktor yang diletiti adalah kevalidan, keefektifan dan kepraktisan Penuntun. Data hasi penelitian menunjukkan Penuntun Praktikum Kimia Dasar yang dikembangkan dengan model Plomp memiliki tingkat kevalidan sangat tinggi (skala 1 menurut uji Gergory). Efektif digunakan karena nilai dan respon Mahasiswa menunjukkan sangat positif dan juga praktis digunakan karena keterlaksanaan praktikum terlaksanan sebagian besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu penuntun praktikum Kimia Dasar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakan pada Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Winda Arianti, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Muhammad Qaddafi, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Zulkarnaim Zulkarnaim, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Alqodri, Moch Reza dan Grummy. (2013). Pembuatan dan Uji Coba Modul Raktikum Sistem Power Window Pada Praktik Kelistrikan Otomotif Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 2, No 02.

Asrijal dan St. Muriati. (2013). Teknik Laboratorium. Makassar: Alauddin University

Press.

Gafur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam

Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Haryati, Sri. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model

Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. FKIP UTM 37, no.1.

Hasmiati, Jamilah, Muhammad Khalifah Mustami. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek (online), Vol. 5, No. 1(http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3444, diakses 22 Agustus 2017).

Kolodner, Janet L., dkk. Learning By Design From Theory to Practice. Atlanta: GA

-0280, 198

Kurikulum Pendidikan Biologi, 2014.

Muhammad Yaumi. (2011). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Makassar : Alauddin University Press.

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran Di era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik.

Yogyakarta: UNY Press.

Mustami, Muhammad Khalifah dan Gufran darma Dirawan. (2017). Development Of Worksheet Student Oriented Scientific Approach t Subject Of Biology. Man in India (online), Vol.95, No.4 (http://www.serialsjournals.com/articleswiew.php?volumesno_935&article_id=9484&volumes_id=783&journals_id=40, diakses 24 Juli 2017).

Nardo B, Theresa dan Ester R Hufan. (2014). Development and Evaluation Of Modules in Technical. Http://Pubs.sciepub.com/education, 2014).

Prasetyo., M.M. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (Online),Vol.4,No.1. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1766 , diakses 22 Oktobe 2016).

Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis.Jakarta :PT. Remaja

Rosdakarya.

Poedjiadi, Anna dan Titin Supriyant. (2007). Dasar – Dasar BioKimia. Bandung: UI Press.

Putra, Nusa. Research & Development, penelitian dan pengembangan: suatu pengatar.

(2011). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ridwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian Cet. II. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Salam, Burhanuddin. (1995). Pengantar Pedagogik .Bandung: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SINAR

BARUALGESIDO.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta,2003.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitin Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2000). Suatu Pendekatan Praktek Edisi ke-3. Jakarta: Rineka

Cipta.

Suharsimi, Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek.). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/

R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tegeh, Made Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan,

dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana.

Published
2017-12-31
How to Cite
Arianti, W., Qaddafi, M., & Zulkarnaim, Z. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 53-73. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4279
Section
Articles
Abstract viewed = 1601 times