Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi perlunya mengkorelasikan praktikum Kimia Dasar dengan matakuliah Biologi. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi membutuhkan praktikum Kimia Dasar yang berkaitan dengan Biologi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangan penuntun praktikum kimia dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Researh and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model Pengembangan penuntun yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Tjeerd Plomp yang terdiri dari beberapa fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fese desain, (3) realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Faktor yang diletiti adalah kevalidan, keefektifan dan kepraktisan Penuntun. Data hasi penelitian menunjukkan Penuntun Praktikum Kimia Dasar yang dikembangkan dengan model Plomp memiliki tingkat kevalidan sangat tinggi (skala 1 menurut uji Gergory). Efektif digunakan karena nilai dan respon Mahasiswa menunjukkan sangat positif dan juga praktis digunakan karena keterlaksanaan praktikum terlaksanan sebagian besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu penuntun praktikum Kimia Dasar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakan pada Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Downloads
References
Alqodri, Moch Reza dan Grummy. (2013). Pembuatan dan Uji Coba Modul Raktikum Sistem Power Window Pada Praktik Kelistrikan Otomotif Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 2, No 02.
Asrijal dan St. Muriati. (2013). Teknik Laboratorium. Makassar: Alauddin University
Press.
Gafur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam
Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Haryati, Sri. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model
Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. FKIP UTM 37, no.1.
Hasmiati, Jamilah, Muhammad Khalifah Mustami. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek (online), Vol. 5, No. 1(http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3444, diakses 22 Agustus 2017).
Kolodner, Janet L., dkk. Learning By Design From Theory to Practice. Atlanta: GA
-0280, 198
Kurikulum Pendidikan Biologi, 2014.
Muhammad Yaumi. (2011). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Makassar : Alauddin University Press.
Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran Di era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik.
Yogyakarta: UNY Press.
Mustami, Muhammad Khalifah dan Gufran darma Dirawan. (2017). Development Of Worksheet Student Oriented Scientific Approach t Subject Of Biology. Man in India (online), Vol.95, No.4 (http://www.serialsjournals.com/articleswiew.php?volumesno_935&article_id=9484&volumes_id=783&journals_id=40, diakses 24 Juli 2017).
Nardo B, Theresa dan Ester R Hufan. (2014). Development and Evaluation Of Modules in Technical. Http://Pubs.sciepub.com/education, 2014).
Prasetyo., M.M. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (Online),Vol.4,No.1. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1766 , diakses 22 Oktobe 2016).
Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis.Jakarta :PT. Remaja
Rosdakarya.
Poedjiadi, Anna dan Titin Supriyant. (2007). Dasar – Dasar BioKimia. Bandung: UI Press.
Putra, Nusa. Research & Development, penelitian dan pengembangan: suatu pengatar.
(2011). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ridwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian Cet. II. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Salam, Burhanuddin. (1995). Pengantar Pedagogik .Bandung: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SINAR
BARUALGESIDO.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta,2003.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitin Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2000). Suatu Pendekatan Praktek Edisi ke-3. Jakarta: Rineka
Cipta.
Suharsimi, Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek.). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/
R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tegeh, Made Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan,
dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta: Kencana.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.