PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, mengingat tidak semua variabel atau gejala yang muncul dapat diukur dan dikontrol secara ketat namun pada penelitian ini peneliti hanya mengukur aspek kognitif siswa saja. Penelitian eksperimen penelitian yang subyeknya diberi perlakuan (treatment) kemudian diukur akibat perlakuan itu pada diri subyek. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (3) Bagaimana aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (4) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (5) Adakah pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (6) Adakah pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba. (4)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (5)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (6)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba menunjukkan bahwa siswa kurang antusias karena kegiatan pembelajaran hanya didominasi dengan kegiatan membaca dan menulis materi serta menjawab soal-soal yang diberikan ole guru. (2) Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba diperoleh rata-rata tingkat pencapaian siswa berada pada kategori tinggi yaitu 64,70%. (3) Aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba siswa terlihat lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model concept attainment. (4) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba menujukkan rata-rata tingkat pencapaian siswa setelah penerapan berada pada kategori tinggi yaitu 55,88%. (5) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba di mana siswa terlihat lebih aktif pada proses pembelajaran. (6) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba dilihat dari nilai rata-rata yaitu 81,97 dan masuk dalam kategori tinggi.Downloads
References
Budi Tri Siswanto, (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi (online), vol 6, no. 1 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8118)
David Richard Moore, (2017). Selecting Evaluation Items for Judging Concept Attainment in Instructional Design. Journal of Interactive Online Learning (online) , vol. 5. No. 1 (http://www.ncolr.org/issues/jiol/v5/n1/selecting-evaluation-items-for-judging-concept-attainment-in-instructional-design, diakses tanggal 17 november 2017).
Desy Ayu Nurmala dkk, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi”, vol 4, no. 1 diakses dari https://media.neliti.com/.../5258-ID, pada tanggal 15 agustus 2017
Departemen Agama RI, (2009). Al-Ouran dan Terjemahan (Surabaya: CV Penerbit Fajar Mulia,)
Dina Indriana. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press.
Dwi Pangestuningsih, Wahono Widodo, (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Balas KlumprikI/434 Surabaya. vol 1, no. 2 (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id>view)
Golnaz Ostad, Javad Soleymanpour, (2014). The Impact of Concept Attainment Teaching Model and Mastery Teaching Method on Female High School Students'Academic Achievement and Metacognitive Skills. International Journal of Innovative Research in Science, engineering, and Technology, Vol. 3. No. 2. (https://www.ijirset.com/volume-3-issue-2.htm)
Halimatus Sa’diyah, Indrawati, Rif’ati Dina Handayani, (2017). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi Pada PembelajaranIpa-Fisika Di Smp (Studi Eksperimen Pada Aktivitas Dan Hasil BelajarIpa-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika (online), vol 4, no. 3 (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2642).
Joy R. Mayer, (2017). “Effects Of Using The Concept Attainment Model With Inductive
Reasoning With High School Biology Students, https://scholarworks.montana.edu/.../1/.../MayerJ0812.pdf.
Martala Sari, Jeli Apriani, (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Konsep SistemPernapasan”, vol 1, no. 2, diakses dari h. 138.
Miftakhul Ilmi, (2017). “Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep (Concept Attainment) Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Di Smp”,vol , no. 2, diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php.
Muh.Khalifah Mustami, Suryadin dan Ismail Wekke, (2017). Learning Model Combine with Mind Mapping and CooperativeStrategies for Junior High School Student. Journal of Engineering and Aplied Science, Vol. 12, No. 7 (https://www.researchgate.net/publication/318009346_Learning_model_combined_with_mind_maps_and_cooperative_strategies_for_junior_high_school_student)
Muhammad Khalifah Mustami, (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Aynat: Yogyakarta.
Muhammad Yaumi. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligenses. Makassar: Alauddin University Press.
Nazar Muhammad, Djufri, Muhibbuddin, (2017 ). Penerapan Model Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme. Jurnal Biologi Edukasi (online), vol 6, no.1 (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2269).
Nurmahni Harahap, (2014). Hubungan Antara Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Konsep Ekosistem. Visipena (online), vol 5, no. 1 (http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/69).
Safitri Dian, Maryam dan Muhammad Khalifah Mustami. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Arias Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek (Online). Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1791, diakses 12 Januari 2017).
S. A. Rani , Y. Wiyatmo1, Dan H. Kustanto, (2017). Concept Attainment Worksheet To Enhance Concept Knowledge And Science Process Skills In Physics Instruction. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (online, Vol. 6, No.2 (https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jpii/10520).
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Widodo, Lusi Widayanti, (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. vol 17. No. 49. Diakses dari https://media.neliti.com/media/.../80105-IDpeningkatanaktivitasbelajar-dan-hasil.pd.
Zuhri, (2017). Penerapan Pembelajaran Model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa”,diaksesdarihttps://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPS/article/download/1126/1118.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.