PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) DAN MODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar Tahun Ajar 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA3 dan XI IPA4 yang berjumlah 60 orang siswa, yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS secara croos sectional. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebagai variabel bebas (independent) dan hasil belajar biologi siswa sebagai variabel terikat (dependent). Data aktivitas belajar diperoleh dengan menggunakan tabel pengamatan aktivitas yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan kuis dan tes hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki aktivitas belajar yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yakni 80,5 (sd = 4,64), sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yakni 83,66 (sd = 3,92). Analisis statistik inferensial menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka hipotesis H0 (tidak ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kooperatif tipe TPS) ditolak dan hipotesis H1 (ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS) diterima. Disimpulkan, ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada konsep jaringan hewan dan sistem gerak di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar.Downloads
References
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dzaki, M. F. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. (http://www.blogspot.com, Diakses Tanggal 20 Juni 2009).
Lie, A. (2005). Cooperatif Learning ”Mempraktekkan Cooperatif Learning di dalam Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Merfanty, S. (2007). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Sistem Hukum Nasional di Kelas Xa SMA Negeri 2 Pontianak. (http://www.sman2-pontianak.sch.id. Diakses 19 Juli 2008).
Nurhayati dan L. W. Sappe. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sembiring, S. (2006). Himpunan Perundang-undangan Republik Indinesia tentang Guru dan Dosen. Bandung: Nuansa Aulia.
Septriana, N dan B. Handoyo. (2007). Penerapan Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi. (http://www.wordpress.org.com, Diakses Tanggal 12 Juli 2008).
Sugiyanta. (2008). Model Pembelajaran TPS (Penelitian Tindakan Kelas). (http://lpmpjogja.diknas.go.id. Diakses 9 Juli 2008).
Suherman, E. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. (http://educare.e-fkipunla.net. Diakses Tanggal 9 Juli 2008).
Syam, S. (2008). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Kooperatif STAD Siswa Kelas XIII SMP Negeri 13 Makassar (Skripsi). Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.